Jerawat di Punggung, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Oleh: Yonada Nancy - 15 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jerawat di punggung biasanya disebabkan oleh beberapa pemicu, seperti keringat, hormon atau stres. Berikut adalah cara untuk mengatasinya.
tirto.id - Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang paling mengganggu yang biasanya dialami saat fase pubertas.

Kebanyakan orang mengalami kondisi terparah pada akhir 20-an. Namun, bukan berarti usia 30-an juga terbebas dari masalah kulit ini.

Tingkat keparahannya dapat bervariasi, bisa hanya beberapa titik hingga menjadi kelompok-kelompok yang lebih besar di area tertentu.

Jerawat bisa muncul di banyak bagian tubuh, terutama di wajah dan punggung. Seperti jerawat di wajah, jerawat di daerah punggung juga dapat meninggalkan bekas berupa titik-titik kehitaman. Hal ini tentunya mengganggu penampilan sehari-hari.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa hal yang menjadi pemicu tumbuhnya jerawat yakni sebagai berikut:

Gen

Masalah jerawat bisa diturunkan secara genetik. Jika dalam satu keluarga terdapat orang yang memiliki jerawat, maka yang lain juga akan mengalami jerawat.

Efek Samping Pengobatan

Jerawat dapat berkembang sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu seperti antidepresan.

Hormon

Perubahan hormon yang dialami oleh remaja selama beberapa tahun dapat menimbulkan jerawat. Tetapi, pada wanita setelah pubertas, jerawat juga dapat berkaitan dengan perubahan hormon selama menstruasi atau kehamilan.

Keringat

Keringat, khususnya yang terkumpul di bawah pakaian yang ketat akan membuat jerawat semakin parah

Stres

Stres tidak berdampak langsung terhadap munculnya jerawat, tetapi menjadi salah satu faktor pemicu.

Nutrisi

Berdasarkan penelitian dari American Academy of Dermatology, membuktikan bahwa asupan karbohidrat tertentu (seperti roti dan kentang goreng) dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang juga ikut berkontribusi dalam pertumbuhan jerawat.

Pengobatan untuk jerawat tentunya ada beberapa cara. Baberapa peneliti menyarankan penggunaan krim yang mengandung benzoul peroxide atau dalicylic acid.

Perawatan dengan krim akan membutuhkan waktu beberapa minggu. Sementara ada juga pengobatan menggunakan pil yang ditunjukkan untuk membunuh bakteri dan juga menghambat inflamasi (pembengkakan).

Selain itu, saat ini juga marak penggunaan laser atau light therapies yang ditawarkan oleh klinik-klinik kecantikan untuk mengatasi masalh kulit salah satunya jerawat.

Dikutip dari Medical News Today, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi timbulnya jerawat di punggung, yaitu:

- Mandi setelah melakukan aktivitas berkeringat.

- Menggunakan pembersih yang non-abrasif.

- Menghindari produk kosmetik yang menyebabkan iritasi kulit.

- Tidak menggosok area yang terdapat jerawat.

- Tidak memencet ataupun memecahkan jerawat karena hanya akan membuat jerawat menyebar ke bagian kulit yang lain.

- Jauhi paparan sinar matahari secara langsung, karena akan memperparah kondisi jerawat.

Baca juga artikel terkait JERAWAT atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight