Jeon Somi Kuasai Tangga Lagu Realtime Lewat "BIRTHDAY"

Oleh: Syarifah Aini - 14 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
“BIRTHDAY” Jeon Somi berhasil kuasai tangga lagu realtime Korea
tirto.id - Jeon Somi berhasil kuasai tangga lagu realtime Korea melalui lagu terbarunya bertajuk “BIRTHDAY” pada Kamis (13/6/2019).

Dilansir Naver, lagu yang diproduseri oleh Teddy ini berhasil mengusai tangga lagu realtime Korea pada posisi No.1 di 4 tangga lagu mulai dari Bugs, Mnet, Naver, hingga Soribada.

Mantan personel I.O.I ini memang telah merilis dua lagu terbarunya bertajuk “BIRTHDAY” dan “Outta My Head” pada Kamis (15/6/2019) pukul 18.00 KST. Tepat 4 jam 30 menit usai lagu tersebut dirilis, tepatnya pada pukul 22.30 KST, lagu “BIRTHDAY” telah berhasil menguasai tangga lagu realtime Korea.

Perilisan album mini terbaru Jeon Somi ini memang menjadi penanda dari debut solo perdananya usai hiatus selama 2 tahun lamanya.

Ia memulai karier di industri hiburan Korea saat bergabung dalam program survival show besutan Mnet yaitu “Produce 101” pada tahun 2016 lalu.

Setelah berkompetisi melawan 100 trainee lainnya, Somi akhirnya berhasil menduduki posisi pertama dan berhasil debut di bawah agensi CJ E&M bersama 10 member lainnya yaitu Kim Sejeong, Choi Yoojung, Chungha, Kim Sohye, Kyulkyung, Jung Chaeyeon, Kim Doyeon, Kang Mina, Yoo Yeonjung, dan terakhir Nayoung.

Somi bersama 10 member lainnya memulai debut mereka sebagai girl group bernama I.O.I pada tahun Mei 2016. Setelah sukses merilis beberapa macam lagu popular seperti “Dream Girls”, “Knock Knock Knock”, “Whatta Man”, hingga “Hand In Hand”, I.O.I akhirnya resmi dibubarkan pada tahun 2017.

Usai dibubarkan, kesebelas member kembali ke agensi mereka dan memulai kariernya masing-masing termasuk Somi yang memilih menjadi trainee di salah satu agensi ternama yaitu JYP Entertainment.

Merasa tak begitu sejalan antara selera musik agensi dengan selera musiknya, Somi akhirnya memutuskan keluar dari JYP dan berpindah ke agensi lain yaitu The Black Label yang merupakan sub agensi YG Entertainment.

Selama 9 bulan lamanya, Jeon Somi mempersiapkan album terbarunya dengan turut berkontribusi dalam pembuatan lagu “BIRTHDAY” dan juga “Outta My Head”.

Pada lagu lagu “Outta My Head”, Somi turut berperan dalam menulis lirik dan mengkomposisi lagu terbarunya.

Sementara itu, pada lagu “BIRTHDAY” yang juga menjadi lagu title tracknya, Jeon Somi turut berkontribusi sebagai co-composed yang dibantu oleh Teddy, 24, dan Bekuh Boom.

Jeon Somi menuturkan bahwa lagu “BIRTHDAY” ia pilih sebagai title track karena mampu dijadikan sebagai simbol kelahiran dari dirinya. Ia mengungkapkan bahwa lagu tersebut menandai kelahiran barunya di industri musik Korea sebagai penyanyi solo.

Selain itu, melalui lagu tersebut pula, Somi ingin mencoba menunjukkan kemampuan bermusiknya dengan merilis lagu energik bertempo up beat yang diwarnai dengan vocal yang kuat dan lantunan rap yang memukau.

Lagu tersebut, semakin menarik ketika menyuguhkan MV yang penuh warna dengan penampilan Somi yang cute tapi tetap baddas dan penuh sentuhan swagkhas artis asuhan YG Entertainment.

Sejak dirilis pada Kamis (15/6/2019) pukul 18.00 KST, kini MV dari lagu terbarunya tersebut telah ditonton lebih dari 5 juta kali di YouTube.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)


Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yulaika Ramadhani