Jenazah Pasien COVID Akan Diangkut Truk, Wagub: Kita Ada Ambulans

Oleh: Riyan Setiawan - 28 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
DKi Jakarta punya 65 mobil ambulans untuk keperluan gawat darurat, sehingga tidak perlu truk untuk angkut jenazah pasien COVID-19.
tirto.id - Wakil Gubernur Jakarta Riza Patria mengatakan Dinas Kesehatan DKI memiliki 65 mobil ambulans khusus keperluan gawat darurat untuk melayani warga, termasuk untuk pasien dan jenazah COVID-19.

Riza mengatakan sejumlah ambulans tersebut akan melayani masyarakat selama 24 jam dan tanpa libur, termasuk saat Sabtu dan Minggu.

"Teman-teman di sini sudah banyak memberikan pelayanan yang terbaik, secara berturut-turut, tidak ada hari libur dari Senin sampai Minggu selama 24 jam. Ambulans yang memenuhi standar baik dan pelayanan bagi semua masyarakat termasuk bagi jenazah COVID-19 di seluruh Jakarta," kata Riza di kantor AGD Dinkes DKI, Senin (26/6/2021).

Ketua DPD Jakarta Partai Gerindra itu berpesan kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir kekurangan ambulans untuk pasien dan jenazah COVID-19.

Meski demikian, beberapa waktu lalu Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati sempat mengatakan tengah melakukan simulasi untuk mengangkut jenazah COVID-19 dengan truk. Kejadian tersebut pun viral di media sosial.

"Jadi sekali lagi tidak perlu ada lagi [wacana jenazah diangkut pakai truk], kami memastikan semuanya kami layani dengan baik. Ibu Kadis dan jajaran dengan Bu Suzi, pemakaman juga membantu ambulans, tidak hanya bagi pasien, tetapi juga bagi jenazah COVID-19," katanya.

Lalu, Riza menuturkan selama ini Pemerintah Provinsi DKI terus meningkatkan kebutuhan dan fasilitas lainnya seperti tempat tidur isolasi, ruang ICU, hingga tenaga kesehatan.

"Kemudian ambulans dan pemakaman terus kami tingkatkan," tuturnya.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta terus menanjak antara lain akibat merebaknya varian Delta. Pada hari ini (28/6) kasus baru di DKI Jakarta mencapai 8.348, sehingga total 528.409. Jumlah kasus sembuh total 457.666, dan pasien COVID-19 meninggal total sebanyak 8.249 orang.


Baca juga artikel terkait COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali
DarkLight