Jelang MotoGP Catalunya 2019, Asa Maverick Vinales di Rumah Sendiri

Oleh: Permadi Suntama - 13 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kendati optimistis meraih hasil maksimal di Catalunya, Vinales sebenarnya tidak memiliki rekor apik di sirkuit ini sejak debut di kelas MotoGP (2015).
tirto.id - Maverick Vinales, menyambut MotoGP Catalunya di Sirkuit Monster Energy de Catalunya dengan semangat berlipat. Kembali melakoni balapan di rumah sendiri, pembalap Monster Energy Yamaha itu yakin dapat meraih podium keduanya pada tahun 2019, setelah pertama kali meraihnya musim ini di Jerez.

Melansir laman resmi MotoGP, Kamis (13/6/2019), pembalap berkebangsaan Spanyol itu antusias menjalani rangkaian sesi di Sirkuit Monster Energy de Catalunya, yang akan dimulai pada Jumat, 14 Juni 2019. Ia juga mengaku sangat menikmati setiap balapan yang berlangsung di Catalunya, terutama dukungan dari penggemarnya.

"Saya tidak sabar untuk berada di rumah GP saya. Montmeló [Sirkuit Catalunya] adalah trek yang sangat istimewa bagi saya, ini adalah sirkuit yang sangat saya sukai dan nikmati. Di sana saya bisa merasakan semua dukungan penggemar saya, itu merupakan suasana yang luar biasa. Saya harap saya bisa merespons dengan hasil yang baik[dengan meraih podium],” kata Maverick Vinales.


Ia juga mengomentari hasil kurang maksimal yang diraih pembalap-pembalap Yamaha di seri sebelumnya, terutama dirinya sendiri. Ia pun berharap mampu hasil lebih baik di seri ke-7 MotoGP 2019 di Sirkuit Monster Energy de Catalunya.

"Itu [GP Catalunya] selalu menjadi tujuan kami. Mugello adalah race yang sangat sulit karena secara fisik sangat menuntut. Kami harus terus bekerja keras untuk dapat menemukan titik terbaik sepeda motor, sehingga kami dapat terus berjuang untuk berada di puncak klasemen,” tambahnya.

Kendati yakin dapat meraih hasil maksimal di Sirkuit Monster Energy de Catalunya, Maverick Vinales, sebetulnya tidak memiliki rekor yang apik di sirkuit tersebut sejak melakukan debut di kelas MotoGP pada 2015 silam. Catatan terbaiknya adalah finis di posisi ke-4 pada tahun 2016 saat masih memperkuat Suzuki ECSTAR.

Sementara itu, bersama Monster Energy Yamaha, ia hanya fini di posisi ke-10 pada 2017 dan sedikit lebih baik musim lalu, yakni finis di posisi ke-6. Satu-satunya gelar juara yang diraih Maverick Vinales, di Sirkuit Monster Energy de Catalunya adalah saat masih berkompetisi di Moto3 pada 2012.

“Jadi, mari kita tetap fokus, dan kami akan menunjukkan sisi terbaik kami untuk para penggemar kami [di Catalunya]," tandas pembalap berusia 24 tahun tersebut dikutip Crash.

Maverick Vinales, saat ini berada di peringkat ke-8 klasmen MotoGP 2019, dengan raihan 40 poin. Ia tertinggal jauh dari pimpinan klasmen MotoGP 2019, Marc Marquez, yang memiliki poin 115.


Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Otomotif)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Permadi Suntama