Jam Operasional dan Harga Tiket Candi Borobudur Terbaru

Penulis: Yonada Nancy - 13 Mei 2022 13:20 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jam operasional Candi Borobudur buka mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB dengan harga tiket yang berbeda antara wisatawan lokal dan mancanegara.
tirto.id - Candi Borobudur menjadi salah satu objek wisata unggulan Indonesia yang wajib dikunjungi saat sedang di Magelang dan sekitarnya. Namun, sebelum mengunjungi objek wisata tersebut penting untuk mengetahui jam operasional serta harga tiket terbaru.

Melansir laman resmi Borobudur Park, jam operasional Taman Wisata Candi Borobudur akan dibuka mulai pagi sampai sore, pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Operasionalnya tersebut berlaku setiap hari termasuk pada Hari Raya Waisak yang jatuh pada Senin, 16 Mei 2022.

Meskipun jam operasional selama hari raya tetap sama, namun pihak pengelola taman wisata Candi Borobudur akan memberlakukan pengalihan jalur masuk ke objek wisata.

Dikutip dari Instagram @Borobudurpark, jalur wisatawan dari Gerbang Palbang menuju Borobudur akan dialihkan ke jalur Gerbang Blondo pada 16 Mei 2022. Lebih lanjut, petunjuk terkait pengalihan jalur Candi Borobudur akan disediakan oleh pengelola di tanggal 16 Mei 2022.

Candi Borobudur merupakan objek wisata budaya, sejarah, sekaligus keagamaan di Indonesia. Situs Candi Borobudur sendiri merupakan monumen Buddha terbesar dunia peninggalan Dinasti Sailendra antara tahun 780 hingga 840 Masehi. Monumen ini ditemukan di tahun 1814 oleh bangsa Inggris yang dipimpin oleh Sir Thomas Stanford Raffles.

Menurut pengelola, Candi Borobudur dibangun sebagai tempat untuk memuja Buddha dan tempat berziarah. Gaya arsitekturnya dibangun sesuai dengan konsep mandala atau penggambaran alam semesta dalam ajaran Buddha.

Setelah pemugarannya di awal abad ke-20, ditemukan dua candi yang lebih kecil di kawasan tersebut, yaitu Candi Pawon dan Candi Mendut. Mengingat letaknnya berdekatan, ketiga candi dipercaya saling memiliki hubungan keagamaan.

Oleh karena itu, kini baik Candi Borobudur, Candi Pawon, dan Candi Mendut dimanfaatkan sebagai rute perayaan Hari Waisak yang dilaksanakan setiap tahun. Hari Raya Waisak Sendiri merupakan festival untuk memperingati hari kelahiran, pencerahan, dan kematian Buddha Gautama.

Melansir Antara, tahun ini Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) akan kembali merayakan Waisak 2566 Buddhist Era (BE) di Candi Borobudur. Ini merupakan pertama kalinya perayaan tersebut dilakukan dalam dua tahun sejak pandemi COVID-19 melanda Tanah Air.

Tahun ini tema perayaan Waisak mengangkat pesan "Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati." Rangkaian kegiatan perayaan Waisak oleh Walubi dan Permabudhi di Candi Borobudur akan berlangsung selama beberapa hari mulai 7 Mei 2022. Namun detik-detik Waisak akan berlangsung di tanggal 16 Mei pukul 11.13 WIB.

Jam Operasional dan Harga Tiket Candi Borobudur Terbaru


Waktu operasional Taman Wisata Candi Borobudur buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Taman wisata ini terbuka bagi turis lokal maupun mancanegara.

Namun, terdapat perbedaan harga tiket antara turis lokal dengan turis mancanegara. Berikut daftar harga tiket Candi Borobudur terbaru tahun 2022 seperti yang dikutip dari laman Borobudur Park:

1. Harga Tiket Borobudur Wisatawan Lokal

  • Usia 10 tahun ke atas: Rp50.000
  • Usia 3 - 10 tahun: Rp25.000
  • Rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 20 orang): Rp25.000

Harga-harga tersebut sudah termasuk premi asuransi Rp500 per orang. Selain itu, tersedia pula paket terusan yang memungkinkan wisatawan mengunjungi dua candi sekaligus, yaitu Borobudur-Prambanan atau Borobudur-Ratu Boko.

Keduatiket terusan memiliki harga yang sama, yaitu:

  • Usia 10 tahun ke atas: Rp75.000
  • Usia 3 - 10 tahun: Rp35.000

2. Harga Tiket Borobudur Wisatawan Mancanegara


  • Usia 10 tahun ke atas: 25 dolar AS (sekitar Rp365.00)
  • Usia 3 - 10 tahun: 15 dolar AS (sekitar Rp219.000)
  • Pelajar (dengan kartu pelajar yang berlaku): 15 dolar AS (sekitar Rp219.000)

Harga-harga tersebut sudah termasuk premi asuransi Rp1.000 per orang, layanan audio visual, dan parkir mobil.



Baca juga artikel terkait HARI RAYA WAISAK 2022 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight