Jalur Kalimalang Padat Lagi Akibat Contraflow Tol Jakarta-Cikampek

Oleh: Mohammad Bernie - 20 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jalan K.H Noer Ali, Kalimalang, Bekasi Barat kembali dipadati kendaraan pada Rabu malam (20/6/2018) karena ada penerapan Contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.
tirto.id - Kepadatan kendaraan kembali terjadi di jalan Jalan K.H Noer Ali, Kalimalang, Bekasi Barat, pada Rabu malam (20/6/2018). Kendaraan memadati jalur tersebut usai ada pemberlakuan rekayasa lalu lintas Contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Berdasarkan pantauan Tirto, kendaraan yang didominasi roda empat dan bus mulai menumpuk di Jalan K.H Noer Ali sekitar pukul 18.15 WIB atau selepas azan Maghrib. Saat itu, kepadatan kendaraan di jalur tersebut tampak memanjang sekitar 4 kilometer, yakni sejak perempatan dekat Bekasi Cyber Park hingga SPBU Kalimalang.

Banyak pengendara terpaksa melalui jalan K.H Noer Ali lantaran sejumlah gerbang tol di Jakarta Timur sudah ditutup. Salah satu pengendara dari Bekasi Barat, Alvin (30) mengaku hendak ke Bandung lewat jalan tol Jakarta-Cikampek, tapi terpaksa mengurungkan niatnya lantaran pintu tol ditutup.

"Saya dari Bekasi Barat mau ke Bandung. Niatnya mau masuk tol Kalimalang situ, tapi ternyata sudah ditutup. Terpaksa lewat sini [jalan K.H Noer Ali]," kata Alvin.

Dia pun mengeluhkan minimnya informasi soal rekayasa lalu lintas yang hendak dilakukan di Tol Jakarta-Cikampek. Hal ini menyebabkan dia terpaksa terjebak kemacetan di Kalimalang.

Pada hari ini, mulai pukul 16.30 WIB, Jasa Marga kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, mulai dari Km47 sampai dengan Km29 atau Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Upaya ini dilakukan guna memberikan kenyamanan pengguna jalan pada arus balik Lebaran 1439 H," kata Customer and Employee Relations Manager PT Jasa Marga Faiza Riani lewat keterangan tertulisnya.

Kali ini, Jasa Marga memberlakukan contraflow dari Kilometer 3 arah Halim Perdanakusuma hingga gerbang tol Cikarang Barat. Baru selanjutnya pengendara akan diarahkan untuk melalui jalan arteri.

Meski begitu, kepadatan di Kalimalang pada Rabu malam masih lebih parah pada Selasa (19/06/2018) kemarin. Pada Selasa kemarin, kemacetan parah sempat mengular hingga 8 kilometer sejak simpang Bekasi Cyber Park. Saat itu, sekitar 847 petugas Dinas Perhubungan Kota Bekasi dikerahkan untuk mengurai kemacetan.

Kemacetan di Kalimalang pada Selasa kemarin juga terjadi lantaran Jasa Marga, melalui diskresi kepolisian, menerapkan one way di Tol Jakarta-Cikampek mulai dari KM47 Karawang hingga KM3 Halim Jakarta mulai pukul 15.25 WIB.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Addi M Idhom