Jakarta akan Jadi Tuan Rumah Formula E, DPRD DKI: Banyak Positifnya

Oleh: Haris Prabowo - 15 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik menilai penyelenggaraan salah satu seri balapan Formula E di Jakarta pada 2020 bisa membawa banyak dampak positif.
tirto.id - Wakil Ketua DPRD DKI, Muhammad Taufik mendukung rencana menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah ajang balapan Formula E pada tahun 2020. Dia menilai langkah Gubernur Anies Baswedan menerima tawaran menjadikan Jakarta tuan rumah Formula E merupakan kebijakan positif.

"Saya sih menyambut baik. Waktu itu ngobrol-ngobrol. Menyambut baik penyelenggaraan karena itu pasti akan meningkatkan ekonomi. Jakarta seharusnya punya event-event bertaraf internasional yang sifatnya tahunan. Formula E itu internasional, jadiin agenda tahunan dong," kata Taufik, Senin (15/7/2019).

Taufik mengklaim dengan diadakannya perhelatan Formula E di Jakarta, pertumbuhan ekonomi di ibu kota akan meningkat.

"Banyak dong [keuntungannya]. Saya kira soal ekonomi akan tumbuh. Masuk itu berapa puluh ribu orang, mungkin 30an ribu orang akan datang ke Jakarta. Dari sektor ekonomi, menurut saya menguntungkan," kata politikus Gerindra tersebut.

Taufik menambahkan, penyelenggaraan ajang balapan Formula E di Jakarta juga bisa menjadi alat promosi agar DKI bisa sejajar dengan kota-kota besar lain di seluruh dunia.

"Ketika ada penyelenggaraan yang bertaraf internasional maka kita menggambarkan bahwa kota kita aman. Banyak positifnya," ujar Taufik.

Rencana penyelenggaraan balapan Formula E 2020 di Jakarta sudah disampaikan Anies melalaui akun instagramnya. Bahkan, Anies mengunggah sebanyak dua kali foto di Instagram soal kabar Jakarta bakal menjadi tuan rumah salah satu seri balapan Formula E pada tahun depan.

Foto pertama diunggah Anies pada Minggu (14/7/2019) dengan menyebut negosiasi antara dirinya dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, CEO dan COO FIA Formula E (FE) berhasil menemui kesepakatan.

Sedangkan foto kedua diunggah Anies pada Senin (15/7/2019) dengan menunjukkan bukti foto bersama Alexandro Agag dan Alberto Longo usai negosiasi yang ia klaim "dipenuhi antusiasme."

“Pada dunia kami kirimkan pesan: Jakarta bukan cuma pemain domestik. Jakarta siap menyongsong, siap sejajar dan makin bersinar di antara megapolitan dunia,” tulis Anies dalam unggahannya.


Baca juga artikel terkait FORMULA E atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight