Jadwal Thomas Cup 2022: Daftar Tim, Hasil Drawing, Juara Terbanyak

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 4 Mei 2022 12:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal pertandingan Thomas Cup 2022 dan hasil drawing Piala Thomas 2022.
tirto.id - Jadwal Thomas Cup 2022 akan berlangsung pada pekan depan, mulai 8-15 Mei 2022. Indonesia sebagai juara bertahan akan berupaya meraih gelar back to back di kejuaraan badminton beregu terbesar se-dunia tersebut.

Piala Thomas merupakan ajang badminton beregu yang digelar setiap 2 tahun sekali. Edisi pertama kejuaraan ini dilaksanakan di Preston, Inggris, pada 1949 silam. Saat itu, Malaya (sekarang Malaysia) berhasil menjadi juara pertama setelah menumbangkan Denmark dengan skor 8-1.

Indonesia sendiri pertama kali berpartisipasi dalam kejuaraan ini pada 1958. Saat itu, tim Merah-Putih yang notabene merupakan tim debutan berhasil mencuri perhatian dan menggondol gelar juara, mengalahkan Malaya (6-3).

Indonesia Peraih Gelar Terbanyak Thomas Cup


Sejak gelar pertama yang diraih pada edisi 1958 tersebut, performa Indonesia kian menanjak. Skuad putra Kontingen Merah-Putih berhasil menggondol 2 gelar secara beruntun di edisi berikutnya.

Pada 1961, Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran berhasil menggondol trofi Thomas Cup untuk yang kedua kalinya. Sementara hattrick beruntun Indonesia terjadi 3 tahun setelahnya, yakni pada edisi 1964.

Sayangnya, ambisi Indonesia untuk meraih gelar juara ke-4 secara beruntun pupus. Kembali berperan sebagai tuan rumah pada Thomas Cup 1967, Indonesia justru gagal memboyong trofi juara. Mereka kalah dari Malaysia di babak final dengan kekalahan cukup telak 6-3.

Kegagalan tersebut berhasil dibayar tuntas oleh para pebulu tangkis putra Indonesia. Mereka berhasil memborong gelar juara di 3 edisi beruntun berikutnya (1973, 1976, dan 1982).

Prestasi Indonesia di ajang Piala Thomas memang cukup mengagumkan. Dari total 31 edisi yang digelar sepanjang sejarah, Indonesia berhasil melaju ke final sebanyak 20 kali, 15 di antaranya sukses dimenangkan.

Kali terakhir skuad Merah Putih merengkuh gelar juara pada 2 tahun lalu, di Denmark. Setelah menyingkirkan tuan rumah Denmark di babak semifinal, Indonesia bertemu China di partai final.

Dalam duel tersebut, Mohammad Ahsan dan kawan-kawan tampil tanpa cela. Kemenangan telak 3-0 berhasil diboyong oleh mereka sekaligus mampu membawa pulang kembali trofi Thomas Cup.

Kini, Indonesia berupaya mengawinkan gelar juara tersebut di edisi 2022. Skuad yang dibawa tim Indonesia tidak terlalu berbeda dengan edisi sebelumnya. Hanya Marcus Fernaldi Gideon yang dipastikan absen berpartisipasi lantaran cedera.

Walakin, skuad Merah-Putih masih memiliki sederet nama yang tak kalah bagus. Sebut saja seperti, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Jonatan Christie, dan Fajar Alfian.

“Menurut saya peluang cukup terbuka, sama seperti tahun lalu. Kurang lebih tidak ada perbedaan dari skuad negara lain,” kata Fajar Alfian mengomentari peluang tim Indonesia.

Hasil Drawing Piala Thomas 2022

Indonesia akan tergabung di Grup A dalam ajang Piala Thomas 2022. Skuad Merah-Putih bakal bertarung dengan Korea Selatan, Thailand, dan Singapura. Berikut rincian daftar lengkap pembagian grup berdasarkan hasil drawing Thomas Cup 2022:

Grup A:
    • Indonesia
    • Korea
    • Thailand
    • Singapura

Group B:
    • Denmark
    • China
    • Perancis
    • Aljazair

Group C:
    • Chinese Taipei
    • India
    • Jerman
    • Kanada

Group D:
    • Japan
    • Malaysia
    • Inggris
    • Selandia Baru

Daftar Tim Piala Thomas 2022


Berikut daftar tim peserta badminton Thomas Cup 2022

- Aljazair

- Kanada

- China

- Denmark

- Inggris

- Perancis

- Jerman

- Indonesia

- India

- Jepang

- Korea Selatan

- Malaysia

- Selandia Baru

- Singapura

- Thailand

- Taiwan


Baca juga artikel terkait BADMINTON atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight