Liga Champion 2020-2021

Jadwal Semifinal Liga Champion Leg 2 Live & Prediksi Juara UCL 2021

Oleh: Fitra Firdaus - 3 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal semifinal Liga Champion 2021 leg 2 live SCTV Man City vs PSG (5 Mei), Chelsea vs Madrid (6 Mei). Prediksi juara UCL: Manchester City.
tirto.id - Jadwal semifinal Liga Champions 2020/2021 pekan ini pada 5-6 Mei akan menjadi penentu siapa yang layak ke final UCL. Hasil leg 1 antara PSG vs Manchester City dan Real Madrid vs Chelsea yang masih ketat membuat tidak ada yang benar-benar diunggulkan dalam laga leg 2 yang tayang lewat siaran langsung SCTV dan live streaming Vidio Premier.

Dalam leg pertama duel PSG kontra Manchester City di Parc des Princes, The Citizens mampu mengalahkan tuan rumah dengan skor 1-2. Pasukan Pep Guardiola tinggal membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke final UCL pertama dalam sejarah. Namun, klub Paris memiliki bintang seperti Neymar dan Kylian Mbappe yang bisa menjadi pembeda.

Sementara itu, leg pertama Real Madrid versus Chelsea di Stadion Alfredo Di Stefano berakhir imbang 1-1. Posisi The Blues tampak lebih aman karena pasukan Thomas Tuchel tinggal mendapatkan seri tanpa gol untuk lolos lewat agresivitas gol tandang. Namun, Madrid di bawah Zinedine Zidane adalah tim yang ulet.


Jadwal Semifinal UCL Man City vs PSG


Bertandang ke Etihad tidak akan membuat PSG ciut nyali. Dalam fase gugur UCL musim ini, klub Paris sudah membuktikan bisa mengalahkan Barcelona 1-4 di Camp Nou dan Bayern Munchen 2-3 di Allianz Arena. Menekuk satu tim elite Eropa lain dalam partai away jelas jadi tantangan untuk pasukan Mauricio Pochettino.

Namun, kondisi PSG tidak akan lebih segar daripada Manchester City. Klub Paris masih harus menguras tenaga di liga domestik (Ligue 1) karena bersaing ketat dengan Lille demi gelar juara. Lain halnya dengan The Citizens yang bisa memakai sebagian pemain cadangan dalam laga kontra Crystal Palace (menang 0-2) pada Sabtu (1/5/2021).

Satu faktor lain yang penting bagi Manchester City adalah persiapan mental mereka. Guardiola sudah merasakan ini dalam 4 musim bersama Manchester Biru. The Citizens kerap berantakan ketika berlaga di laga terpenting level Eropa, ketika taktik menjadi hal di bawah kegigihan dan mental juara.

"Klub ini tidak punya banyak pengalaman dalam babak seperti ini dalam kompetisi (Eropa). Yang saya inginkan adalah menjadi diri sendiri pada leg kedua. Kami bagus jika bermain dengan cara tertentu, dan tidak bisa melakukan sebaliknya," kata Guardiola dikutip UEFA.

Di sisi lain, PSG memang menghadapi tim yang dari segi konsistensi di Eropa, ada di atas mereka. Dalam 11 partai sejak fase grup, Manchester City menang 10 kali, seri 1 kali, dan tidak pernah kalah. Tim ini mencetak 23 gol dan hanya kemasukan sekali.

Sebaliknya, Paris hanya menang 6 kali, seri 1 kali, dan kalah 4 kali. Kylian Mbappe dan kolega mencetak total 21 gol, tetapi sudah terkoyak 12 kali. Namun, bekal sebagai finalis UCL musim lalu, dengan misi juara yang belum tuntas, bisa jadi pemicu PSG.


Jadwal Liga Champion Chelsea vs Real Madrid


Di semifinal Liga Champions lainnya, duel Chelsea vs Real Madrid akan terjadi di Stamford Bridge pada Kamis, 6 Mei 2021 pukul 02.00 WIB. The Blues punya modal istimewa jelang laga ini. Apa lagi kalau bukan rekor kebobolan mereka, yang dalam 11 kali laga UCL, hanya terkoyak 3 kali. Selain itu, The Blues terbukti mampu meraih kemenangan lebih banyak daripada Real Madrid (7 berbanding 6).

Keberadaan Eden Hazard di kubu Real Madrid memang bisa berbahaya untuk Chelsea. Namun, Los Blancos sebenarnya tidak istimewa di UCL musim ini. Pasukan Zinedine Zidane cuma menang 6 kali, mencetak 19 gol (sama dengan Chelsea), dan sudah kebobolan 12 kali.

Selain itu, konsentrasi Madrid juga bakal terpecah karena akhir pekan nanti akan berhadapan dengan Sevilla di Liga Spanyol. Chelsea, memang juga belum mengamankan tiket ke UCL musim depan. Namun, beban mereka tampak lebih ringan karena sudah mustahil juara EPL, tinggal serius di Liga Champions dan Piala FA.

Jika melihat keuntungan yang dimiliki Manchester City dan Chelsea di leg pertama, kedua tim tampak berpeluang menciptakan final sesama tim Inggris, mengulang kejadian yang terakhir kali berlangsung pada 2019, Liverpool kontra Tottenham.

Namun, faktor tandang PSG yang istimewa dan 13 gelar UCL Real Madrid mungkin saja menciptakan kejutan. Final PSG kontra Real Madrid juga tampak ideal jika melihat taburan bintang kedua tim. Hanya saja, jika melihat konsistensi, Man City musim ini tampak solid di semua kompetisi.



Jadwal Semifinal UCL 2021 Leg 2


Jadwal leg 2 semifinal Liga Champions 2020/2021 adalah sebagai berikut.

Rabu, 5 Mei 2021
Manchester City vs PSG
pukul 02.00 WIB
siaran langsung SCTV
live streaming Vidio Premier

Kamis, 6 Mei 2021
Chelsea vs Real Madrid
pukul 02.00 WIB
siaran langsung SCTV
live streaming Vidio Premier

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPION 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight