Jadwal Opening Ceremony PON 2021 Papua: Live Streaming 2 Oktober

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 1 Okt 2021 16:45 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Opening Ceremony PON 2021 Papua dan jam tayang live streaming upacara pembukaan pada Sabtu malam 2 Oktober di Metro TV.
tirto.id - Jadwal Opening Ceremony PON 2021 Papua diagendakan pada Sabtu, 2 Oktober 2021. Upacara pembukaan PON 2021 Papua akan dimulai pukul 20.00 WIT atau 18.00 WIB, Sabtu malam. Berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, acara Opening Ceremony PON Papua 2021 bisa ditonton via live streaming Metro TV di Vidio.

PON Papua semula direncanakan berlangsung pada 2020 lalu, tetapi ditunda lantaran situasi pandemi Covid-19 yang kian memburuk di tanah air. Kini, dengan tuan rumah yang sama, PON edisi ke-20 resmi digelar di Papua.

Pertandingan sejumlah cabang olahraga (cabor) PON 2021 Papua telah digelar terlebih dahulu sebelum upacara pembukaan ajang olahraga terbesar di Indonesia itu dilaksanakan. Di antara cabor tersebut adalah akuatik (polo air), yang sudah dimulai pertandingannya sejak Kamis (23/9/2021), dan sepak bola putra yang berlangsung sejak Senin (27/9) kemarin di Stadion Barnabas Youwe, Sentani.

Peemrintah Provinsi Papua telah menyiapkan 4 klaster yang ditetapkan sebagai lokasi venue pertandingan PON XX 2021. Keempat klaster itu ialah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika, dan Kabupaten Merauke.

Persiapan Opening Ceremony PON 2021 Papua

Mengingat berlangsung di tengah masa pandemi, upacara pembukaan PON 2021 dilangsungkan dengan protokol kesehatan yang ketat. Karena itu, penerapan protokol kesehatan menjadi fokus utama panitia PON XX 2021 selain memperkuat penjagaan keamanan.

Penonton yang dibolehkan hadir menyaksikan Opening Ceremony PON 2021 pun dibatasi. Mengikuti peraturan dari pemerintah, Stadion Lukas Enembe hanya boleh diisi sebanyak 25 persen dari total kapasitasnya yang mencapai 40 ribu orang. Jumlah tersebut sudah termasuk atlet, ofisial, dan tenaga pendukung lain.

Selain membatasi jumlah penonton di lapangan, PB PON XX 2021 juga menerapkan prosedur tetap dan protokol kesehatan ketat di upacara pembukaan. Salah satunya adalah dengan menyediakan gerai vaksin di sejumlah titik di area stadion.

Selain itu, dari segi keamanan, pasukan gabungan TNI dan Polri bakal turut andil mengamankan wilayah tempat diselenggarakannya upacara pembukaan pesta olahraga multicabang ini. Di Klaster Kabupaten Jayapura, Komando Distrik Militer (Kodim) 1701 Jayapura menyiapkan 1500 personel gabungan di sejumlah titik.

"Kami pastikan hingga saat ini venue dalam keadaan aman," kata Faisal selaku Pasi Intel Kodim 1701 Jayapura.


Faisal juga mengatakan, Kodim 1701 bersama PB PON XX 2021 telah melakukan screening keamanan terhadap hampir semua pihak yang terlibat dalam kegiatan opening ceremony, mulai dari perangkat pertandingan, relawan, hingga para penari di acara yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo tersebut.

Menurut Faisal, langkah ini dilakukan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pengibaran simbol, logo, hingga bendera tertentu yang dilarang undang-undang.

"Kami pengaman objek, bukan pengamanan kegiatan, yang melakukan pengamanan [kegiatan itu] adalah Polri. Tetapi bila terjadi sesuatu [dan] Polri membutuhkan, maka kami akan bantu," sambung Faisal.

Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda juga mengatakan bahwa persiapan upacara pembukaan pesta olahraga terbesar se-Indonesia itu berjalan baik.

"Semuanya sudah 95 persen, sisanya tinggal pelaksanaannya saja," ujar Yunus, seperti dikutip dari Antara.

"Tidak ada kendala signifikan. Kami berharap semua akan berjalan dengan baik di Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika, dan juga Kabupaten Merauke," sambungnya.


Live Streaming Opening Ceremony PON XX Papua 2021

Acara pembukaan PON 2021 Papua bakal diselenggarakan pada Sabtu malam, 2 Oktober mendatang, mulai pukul 20.00 WIT atau 18.00 WIB.

Siaran langsung rangkaian acara Opening Ceremony PON XX 2021 di Stadion Lukas Enembe itu dapat ditonton via live streaming Metro TV di Vidio.

Link Live Streaming Opening Ceremony di Vidio

Baca juga artikel terkait PON PAPUA 2021 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Addi M Idhom

DarkLight