Jadwal Lengkap dan Tema Debat Pilpres 2019

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 2 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dua pasangan capres-cawapres akan bersama bertarung pada debat sesi pertama yakni 17 Januari 2019.
tirto.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tema dan jadwal debat Pilpres 2019. Tema itu akan dibagi menjadi lima kelompok dan dilaksanakan dalam lima debat sebelum hari pencoblosan, 17 April 2019.

KPU dan kedua tim pemenangan pasangan capres dan cawapres juga telah menentukan susunan debat. Dua pasangan capres-cawapres akan bersama bertarung pada debat sesi pertama yakni 17 Januari 2019 dan sesi terakhir pada April 2019.

Selain itu, KPU dan dua tim pemenangan pasangan capres-cawapres juga sepakat untuk melaksanakan debat hanya di Jakarta, termasuk lokasi acaranya. Jadwal debat juga telah disepakati yakni 17 Januari 2019, 17 Februari 2019, 17 Maret 2019, dan 30 Maret 2019.

Khusus untuk debat kelima atau terakhir, Ketua KPU RI Arief Budiman menyebut, masing-masing tim pemenangan belum menyepakati tanggal yang diajukan KPU yakni 13 April 2019.

"Karena masing-masing paslon masih akan melihat jadwal mereka di bulan April," pungkas Arief.

Berikut ini jadwal lengkap dan tema debat Pilpres 2019 yang telah ditetapkan KPU.

  • Debat Pertama

Debat Pertama akan mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. Debat akan dilaksanakan pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta. Debat ini akan disiarkan di stasiun TV TVRI, RRI, Kompas TV, dan RTV.

  • Debat Kedua

Debat Kedua akan dilaksanakan pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Tema yang ditetapkan untuk debat kedua ini adalah Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, dan Infrastuktur. Masyarakat bisa menontonnya di RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV.

  • Debat Ketiga

Debat yang dilaksanakan 17 Maret 2019 di Hotel Sultan ini akan mengangkat tema Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan serta Sosial dan Kebudayaan. Masyarakat bisa menonton debat ini melalui beberapa stasiun TV, yaitu Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia TV.

  • Debat Keempat

Debat Keempat akan dilaksanakan pada 30 Maret 2019 di tempat yang belum ditentukan. Tema debat adalah Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan serta Hubungan Internasional. Televisi yang menyiarkan debar ini adalah Metro TV, SCTV, dan Indosiar.

  • Debat Kelima

KPU dan kedua paslon sepakat tema yang diangkat pada debat kelima adalah Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri. Tanggal dan tempat pelaksanaan debat kelima belum ditentukan. Stasiun televisi yang menyiarkan adalah tvOne, ANTV, BeritasatuTV dan NET TV.

Baca juga artikel terkait DEBAT PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Politik)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra