Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Salatiga Hari Ini

Oleh: Fitra Firdaus - 17 Mei 2018
Di Salatiga terdapat Masjid Damarjati yang dibangun di era Perang Diponegoro.
tirto.id - Umat Islam di Indonesia menjalankan ibadah puasa Ramadan 1439 Hijriah sejak Kamis, 17 Mei 2018, tidak terkecuali di kota Salatiga, salah satu kota penting di Jawa Tengah. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015, terdapat 78,51 persen penduduk Salatiga yang muslim.

Masjid ikon di kota Salatiga adalah Masjid Daarul Amal, masjid agung kota tersebut yang beralamat di Jalan Tentara Pelajar Nomor 2, Mangunsari, Sidomukti, Mangunsari, Salatiga. Letaknya yang strategis di pusat kota menjadikan masjid ini sebagai pusat kegiatan islami oleh berbagai kalangan.

Selain itu, terdapat pula Masjid Damarjati, masjid tertua di Salatiga yang dibangun ketika terjadi perang antara Pangeran Diponegoro dan pemerintah kolonial Belanda. Masjid ini menjadi saksi perjuangan Laskar Diponegoro sekaligus menjadi arena penyebaran ajaran Islam di wilayah tersebut.

Terkait Ramadan tahun ini, pemerintah kota Salatiga memiliki kebijakan khusus untuk mengurangi jam kerja aparatur sipil negara (ASN) demi menghormati ASN yang beribadah puasa. Jadwal jam kerja ASN diakhiri pada pukul 14.00 WIB setiap Senin hingga Kamis.

Masyarakat kota Salatiga dapat mengetahui informasi jadwal imsak, subuh, dan maghrib melalui fitur pencarian jadwal imsakiyah 1439H/2018M yang disuguhkan oleh Tirto.id. Fitur ini meliputi seluruh kota dan kotamadya di Indonesia. Dengan demikian, ketika kita bepergian atau jauh dari masjid, umat Islam dapat tetap memantau jadwal salat selama Ramadan.




Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
a