Jadwal Final Piala Super Spanyol Real Madrid vs Bilbao 17 Jan 2022

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Januari 2022
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal final Piala Super Spanyol 2022 Real Madrid vs Athletic Bilbao Senin 17 Januari pukul 01.30 WIB. Siapa pemenang Supercopa de Espana tahun ini?
tirto.id - Jadwal final Piala Super Spanyol 2022 antara Real Madrid vs Athletic Bilbao akan digelar pada Senin, 17 Januari pukul 01.30 WIB di Stadion Internasional Raja Fahd, Riyadh, Arab Saudi. Los Blancos mengincar trofi Supercopa de Espana ke-12, sedangkan Los Rojiblancos bakal berupaya mempertahankan gelar.

Real Madrid lolos ke final Piala Super Spanyol usai menumbangkan Barcelona 3-2 di semifinal pada Kamis (13/1/2022). Vinicius Junior, Karim Benzema, dan Fede Valverde bergantian menjebol gawang Barca dalam laga El Clasico yang juga digelar di Stadion Raja Fahd.

Sementara itu, Athletic Bilbao meluncur ke fase final Supercopa de Espana usai secara dramatis mengalahkan Atletico Madrid 1-2 pada Jumat (14/1). Athletic sebenarnya tertinggal lebih dahulu lewat gol bunuh diri kiper mereka Unai Simon. Namun, Yeray Alvarez dan Nico Williams sukses membalikkan skor.

Sepanjang sejarah, Athletic Bilbao sudah 5 kali tampil di Piala Super Spanyol. Catatan mereka istimewa karena Los Rojiblancos mampu juara 3 kali pada 1984, 2015, dan 2020/2021. Sedangkan sisanya, Athletic jadi runner-up pada 1983 dan 2009.

Musim lalu, Athletic Bilbao menjadi juara Piala Super Spanyol setelah mengalahkan Barcelona di partai final dengan skor 2-3. Musim tersebut, Los Rojiblancos tampil luar biasa karena di semifinal, mereka merontokkan Real Madrid 1-2.

Bagi Athletic, menembus final Supercopa de Espana tahun ini menjadi sejarah penting. Tim asuhan Marcelino Garcia Toral tercatat bermain dalam 4 final dalam setahun terakhir, yaitu 2 final Supercopa dan 2 final Copa del Rey.

"Bagi kami, sebuah kehormatan besar bisa di sini untuk mempertahankan gelar, dan di final ini ketika banyak tim lain yang ingin mencapainya. Tapi, inilah Athletic yang di sini bersama 3 raksasa (Madrid, Barcelona, dan Atletico). Kami akan mencoba membawa pulang Supercopa," kata Marcelino dikutip laman resmi Athletic Bilbao.

Musim ini, Athletic Bilbao tampil tidak istimewa di Liga Spanyol. Kubu San Mames masih duduk di peringkat 9 klasemen Liga Spanyol dengan hanya 6 menang, 10 seri, dan 5 kalah. Ini sudah musim keempat Athletic tidak berlaga di Eropa, terakhir berlangsung pada 2017/2018 kala mereka berkiprah di ajang Liga Europa (UEL).



Jika hanya melihat penampilan, Athletic masih jauh di bawah Real Madrid sang pemimpin Liga Spanyol hingga jornada 21. Los Blancos yang dilatih oleh Carlo Ancelotti mengoleksi 49 angka dari 15 menang, 4 seri, dan hanya 2 tumbang. Madrid memiliki 21 angka lebih banyak daripada Athletic.

Di samping itu, Real Madrid dan Athletic Bilbao sudah 2 kali berhadapan musim ini di ajang Liga Spanyol, semuanya berakhir dengan kemenangan Los Blancos. Di Santiago Bernabeu, Madrid menang 1-0 lewat gol tunggal Karim Benzema. Sementara itu, di San Mames, Athletic tumbang 1-2. Lagi-lagi Benzema menjadi pembeda dengan 2 gol.

Dalam 5 pertemuan terakhir di semua ajang, Real Madrid menang 4 kali dan hanya tumbang 1 kali atas Athletic. Uniknya, satu-satunya kekalahan itu terjadi di semifinal Supercopa de Espana tahun lalu. Artinya, Athletic tidak dapat dipandang sebelah mata oleh Los Blancos

Berdasarkan statistik MARCA, dalam laga semifinal Piala Super Spanyol kontra Barcelona, Real Madrid kalah penguasaan bola dengan 47 persen berbanding 53 persen. Demikian pula soal jumlah tembakan. Barca punya 20 tembakan (6 tepat sasaran) sedangkan Real Madrid 14 percobaan (8 mengarah gawang).

Menurut Carlo Ancelotti, statistik tersebut tidak lantas bisa menghakimi bahwa Real Madrid bermain tanpa identitas khas Spanyol. Bagi Don Carlo, gaya Madrid yang tidak terpaku pada satu mazhab, menyerang atau bertahan, membuat timnya luwes dalam menghadapi setiap lawan.

"Ada begitu banyak aspek dalam sepak bola: serangan balik, penguasaan bola, tekanan, bola mati. Saya sudah melatih di banyak negara. Di Italia, yang terpenting adalah organisasi pertahanan. Di Spanyol, semua tentang penguasaan bola dan di Inggris yang jadi kunci adalah kecepatan, intensitas, dan bola mati," papar Ancelotti dikutip laman resmi Real Madrid.

"Anda harus bersiap untuk melakukan banyak hal dengan baik dan tidak memiliki satu identitas adalah kekuatan tim, bukan kelemahan," tambahnya.

Aspek Real Madrid Athletic Bilbao
Jumlah Gelar Piala Super Spanyol 11 3
Gelar Supercopa de Espana terakhir 2019/2020 2020/2021
Jumlah Runner-up Supercopa 5 2
Pelatih Musim Ini Carlo Ancelotti Marcelino Garcia Toral
Persentase Kemenangan 75,86 34,78
Jumlah Gol/Pertandingan 65 gol dari 29 laga 23 gol dari 22 laga

Jadwal Final Piala Super Spanyol 2022


Berikut ini detail lengkap pertandingan final Piala Super Spanyol 2022 yang akan digelar pada Senin (17/1/2022).

Real Madrid vs Athletic Bilbao
Senin, 17 Januari 2022
Pukul 01.30 WIB
Stadion Internasional Raja Fahd, Riyadh
Wasit: César Soto Grado (La Rioja)

Baca juga artikel terkait PIALA SUPER SPANYOL 2022 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight