Jadwal eSports MotoGP 2020 Digelar 29 Maret, Valentino Rossi Absen

Oleh: Permadi Suntama - 26 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Balapan eSport MotoGP 2020 akan dilaksanakan pada 29 Maret mendatang. Namun, Valentino Rossi yang semula berniat mengikuti balapan virtual itu, dikabarkan bakal absen.
tirto.id - Valentino Rossi absen dalam ajang eSport MotoGP 2020 yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (29/3/2020). Belum diketahui alasan pembalap asal Italia tersebut memutuskan untuk menarik diri di ajang balap motor virtual, atau video game resmi MotoGP tersebut.

Dilansir dari crash, Valentino Rossi dan sejumlah pembalap MotoGP lainnya semula mendaftar untuk ikut serta dalam ajang tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengisi waktu mereka di tengah penangguhan MotoGP 2020 akibat pandemi Corona (Covid-19).

Akan tetapi, sehari setelah pendaftaran, Dorna Sports selaku penyelenggara ajang balap virtual ini mengonfirmasi bahwa Rossi batal ambil bagian. The Doctor belum mengonfirmasi alasan dirinya batal ikut lomba vidio game.

"Meskipun sebelumnya mengonfirmasi akan ikut berpartisipasi, Valentino Rossi, dari tim Monster Energy Yamaha tidak akan ambil bagian pada balapan virtual Minggu, 29 Maret 2020," tulis pengumuman dari Dorna, yang dikutip motorsports.

Kendati Valentino Rossi bakal absen, ajang balapan virtual MotoGP 2020 pada Minggu mendatang diprediksi tetap berlangsung seru. Pasalnya, sejumlah pembalap lain dipastikan tetap ambil bagian.

Dorna telah mengonfirmasi bahwa sepuluh pembalap profesional MotoGP bakal ambil bagian dalam lomba balap virtual tersebut. Dorna memastikan balapan tersebut tidak diikuti oleh atlet eSport profesional.


Beberapa pembalap yang sudah mengonfirmasi bakal ikut serta antara lain juara dunia MotoGP 2019 Marc Marquez, serta rekan setimnya Alex Marquez. Ada pula duo Yamaha, Fabio Quartararo, dan Maverick Vinales, yang bakal berada dalam satu tim musim depan.

Selain empat nama di atas, akan ada Aleix Espargaro dari Aprilia, dua pembalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir, dua pembalap KTM, Iker Lecuona dan Miguel Oliveira, serta Francesco Bagnaia dari Ducati.

Sepuluh pembalap profesional MotoGP tersebut akan beradu kemampuan di atas kemudi virtual eSport MotoGP 2020. Arena balapan bakal memakai Sirkuit Mugello, Italia dan diatur dalam enam putaran.

Para pembalap juga bakal diberi waktu lima menit untuk membuat catatan waktu terbaik di sesi kualifikasi untuk menentukan urutan start mereka.


Setiap pembalap pun diberi kebebasan untuk membuat setting motornya, sesuai selera masing-masing.

"Masing-masing pembalap akan bermain melalui undangan race direction pribadi, yang akan mengumpulkan seluruh pembalap dalam acara tersebut," tulis siaran pers Dorna Sports.

Hingga kini, belum ada keterangan dari MotoGP apakah balapan virtual tersebut bakal dilakukan secara rutin atau hanya berlangsung sekali saja.

Format yang mereka buat juga berbeda dengan Formula 1 yang lebih dulu menggelar balapan virtual. Formula 1 bakal menggelar balapan visual sesuai dengan jadwal Grand Prix musim 2020.

Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Addi M Idhom
DarkLight