Jadwal 16 Besar Asian Games 2023 Timnas U24 Indonesia vs Siapa?

Kontributor: Beni Jo, tirto.id - 25 Sep 2023 13:25 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal 16 besar Asian Games 2023 Timnas U24 Indonesia vs Uzbekistan atau Hong Kong? Live streaming Timnas U24 vs juara Grup C tayang RCTI Rabu 27 September.
tirto.id - Jadwal 16 besar Asian Games 2023 antara Timnas U24 Indonesia vs juara Grup C akan berlangsung pada Kamis, 28 September 2023.

Laga dari Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, China pada 15.30 WIB itu akan tayang melalui siaran langsung RCTI dan live streaming Vision+. Siapa di antara Uzbekistan atau Hong Kong yang bakal jadi lawan Garuda Muda?

Timnas U24 Indonesia dipastikan lolos babak 16 besar Asian Games 2023. Dari 3 kali bermain di Grup F, Garuda Muda hanya mengumpulkan 3 angka, hasil 1 menang dan 2 kalah. Jumlah angka Indonesia sebenarnya sama dengan Kirgistan dan China Taipei. Namun, selisih gol ketiga tim inilah yang membedakan peringkat mereka.

Kirgistan dan Timnas Indonesia yang memiliki selisih gol +0, finis di peringkat 2 dan 3. Sementara itu, China Taipei yang punya selisih -4 gagal ke 16 besar karena cuma menjadi juru kunci grup F.



Posisi China Taipei yang kandas sebagai peringkat terbawah grup, membantu Timnas Indonesia. Pasalnya, Garuda Muda jadi punya rekor yang bagus menghadapi tim peringkat 1 dan 2 di Grup F.

Tim asuhan Indra Sjafri tercatat menang 2-0 lawan Kirgistan dan kalah 0-1 kontra Korea Utara. Nilai mereka jadi 3 untuk klasemen mini tim peringkat 3 yang berasal dari Grup A, B, D, E, dan F.

Dengan hasil tersebut, Timnas U24 Indonesia berada di urutan pertama klasemen peringkat ketiga hingga Minggu (24/9) dengan 3 poin. Garuda Muda disusul Qatar (Grup D), Thailand (Grup E), dan Myanmar (Grup A) yang sama-sama mengemas 1 angka.

Di lain sisi, Vietnam (Grup B) gagal tembus fase knock-out. Golden Star Warriors menduduki juru kunci alias di luar zona 4 besar yang bisa lolos. Juara Piala AFF U23 2023 ini memiliki 0 poin dan tersingkir lebij awal.

Saat ini, belum diketahui pasti siapa calon lawan Indonesia di fase berikutnya. Berdasarkan bracket cabor sepak bola Asian Games 2023, Timnas U24 bakal bersua juara Grup C yang dihuni Uzbekistan dan Hong Kong.


Jadwal 16 Besar Asian Games: Timnas U24 vs Uzbekistan atau Hong Kong?


Timnas U24 Indonesia sebenarnya memperoleh hasil negatif selama fase grup. Tim yang ditukangi Indra Sjafri sempat unggul 2-0 atas Kyrgyzstan pada partai perdana Grup F, Selasa (19/9).

Namun, Ernando Ari Sutaryadi dan kawan-kawan menelan kekalahan beruntun dalam penampilan berikutnya kontra China Taipei dan Korea Utara lewat skor identik: 0-1.

Pengalaman buruk hanya menang sekali di fase grup mesti dilupakan oleh Timnas U24 Indonesia. Mereka kini perlu fokus pada babak 16 besar Asian Games 2023.

Lawan Indonesia adalah juara Grup C. Grup ini hanya diisi 2 tim saja, yakni Uzbekistan dan Hong Kong.

Mereka bertanding sebanyak 2 kali untuk menentukan siapa juara dan runner-up grup. Berdasarkan hasil partai pertama, Jumat (22/9), Uzbekistan menghajar Hong Kong dengan skor tipis 1-0, lewat gol semata wayang Ulugbek Khoshimov di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou.

Sementara pertemuan kedua diselenggarakan pada Senin (25/9), mulai pukul 15.00 WIB, di venue yang sama.

Uzbekistan (3 poin) berpotensi besar keluar sebagai juara Grup C andai mampu mengulangi hasil yang sama atau minimal meraih hasil imbang. Jika skenario ini terjadi, maka Khojimat Erkinov dan kolega menjadi lawan Timnas U24 di babak 16 besar Asian Games 2023.

Di lain sisi, Hong Kong juga masih memegang kans finis juara Grup F. Matthew Elliot Wing Kai Chin Orr dan kawan-kawan bisa saja menggeser Uzbekistan dari peringkat pertama jika mampu membalaskan kekalahan lewat skor minimal 2 gol tanpa balas.

Dengan begitu, Hong Kong keluar selaku juara grup dan bersua Indonesia di sistem gugur. Kendati demikian, apa pun hasil pertandingan Uzbekistan kontra Hong Kong, kedua tim dipastikan lolos 16 besar sebagai juara dan runner-up Grup C.

Jika Timnas U24 Indonesia mampu menyingkirkan Uzbekistan atau Hong Kong yang berstatus juara Grup C, Garuda Muda akan berangkat ke perempat final. Berdasarkan bagan fase gugur Asian Games 2023, tim asuhan Indra Sjafri akan menghadapi salah satu dari India atau Arab Saudi.

Jika masih lolos ke semifinal, Timnas U24 Indonesia akan berjumpa salah satu dari 4 tim, yaitu antara China, Palestina, Korea Selatan, atau Kirgistan.

Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2023 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight