STOP PRESS! Status Gunung Agung Naik Menjadi Awas

iPhone X Ponsel Baru Apple yang Didesain Tanpa Tombol Home

iPhone X Ponsel Baru Apple yang Didesain Tanpa Tombol Home
iPhone X. FOTO/AP
13 September, 2017 dibaca normal 1:30 menit
Ponsel iPhone X yang dapat diperoleh 3 November nanti menjanjikan kamera yang lebih baik, emoji animasi, masa pakai baterai lebih lama, dan pengisian daya nirkabel.
tirto.id - Apple telah meluncurkan iPhone X, smartphone baru yang didesain ulang secara radikal dengan menghilangkan tombol Home untuk semua desain layar, bahkan pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus terbaru.

Wakil presiden senior Apple untuk pemasaran di seluruh dunia, Phil Schiller, membeberkan seri iPhone X ini di panggung Steve Jobs Theater yang terletak di markas baru Apple Park.

Dibanderol dengan harga 999 dolar AS, iPhone X akan hadir dengan perangkat lunak iOS 11 baru milik perusahaan itu. Seri terbaru ini juga menampilkan tombol layar baru untuk menggantikan tombol Home standar fisik, yang telah menjadi andalan iPhone sejak diluncurkan pada tahun 2007, ditambah emoji animasi baru bernama Animoji.

iPhone X, yang bisa juga diucapkan 'iPhone Ten', akan hadir dalam dua warna: abu-abu dan perak. Tersedia untuk pre-order pada tanggal 27 Oktober, dan dikirimkan pada tanggal 3 November. Pilihan penyimpanan 256GB juga akan tersedia seharga 1,149 poundsterling.

Dikutip dari The Guardian, Rabu (13/9/2017), kepala eksekutif Apple Tim Cook mengatakan: "Ini adalah iPhone X. Ini adalah lompatan terbesar sejak iPhone asli."

Alih-alih menekan tombol, pengguna cukup menyentuh dari bawah ke atas untuk membuka layar utama dan menahannya untuk masuk ke multitasking. Untuk mengaktifkan perangkat, pengguna hanya perlu mengetuk layar atau mengangkat iPhone. Sementara itu, pusat kontrol iPhone X kini diakses dengan menggesek ke bawah dari sudut kanan atas telepon.

Bagian depan perangkat ini memiliki potongan OLED Super Retina yang baru di bagian atas layar. Fitur ini menampilkan sistem kamera True Depth untuk sistem pengenalan wajah Face ID dan untuk mempercayakan diri dengan Mode Potret Apple.

Face ID mampu mengidentifikasi pemilik ponsel dari pemindaian 3D wajah untuk membuka kunci perangkat, mengotentikasi pembayaran dan memasukkan kata kunci tersimpan ke dalam layar log-in. Apple mengatakan bahwa Face ID lebih aman daripada Touch ID dengan kemampuan membedakan antara wajah dan foto asli pengguna.

Pengisian daya nirkabel Qi juga diperkenalkan Apple pertama kalinya untuk iPhone X. Teknologi ini menggunakan pelat AA di bagian belakang telepon untuk menerima muatan induktif dari bantalan atau perabot dengan pengisian daya nirkabel yang terpasang.

Bagian belakang iPhone X juga memiliki sistem dual kamera Apple dengan satu kamera sudut lebar dan satu kamera "tele" yang mampu memberi ponsel ini dua kali zoom optik. Kedua kamera memiliki sensor 12 megapiksel dan stabilisasi gambar optik.

Untuk iPhone X ini, Apple juga meluncurkan karakter emoji animasi baru yang disebutnya "animoji". Dengan emoji ini, pengguna dapat memetakan ekspresi wajah pada karakter kecil, seperti robot, rubah, unicorn menggunakan sistem pengenalan wajah iPhone X. Animoji hanya dapat dikirim ke pengguna Apple lainnya melalui aplikasi Messages.

Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - rat/rat)

Keyword