Menuju konten utama

Info Syarat Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenhub 2024

Info syarat pendaftaran sekolah kedinasan Kemenhub 2024. Simak syarat administrasi yang perlu dipersiapkan oleh calon taruna untuk mendaftar.

Info Syarat Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenhub 2024
Sejumlah siswa Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) mengikuti apel peringatan Hari Lahir Pancasila, di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (1/6). ANTARA FOTO/Risky Andrianto/aww/17.

tirto.id - Masyarakat yang berminat untuk menimba ilmu di sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) 2024 dianjurkan untuk mencermati informasi syarat pendaftaran.

Sekolah kedinasan adalah lembaga pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah atau lembaga negara dengan tujuan untuk melatih calon-calon pegawai negeri atau pejabat tingkat tertentu. Sekolah kedinasan merupakan tempat di mana calon-calon pegawai negeri sipil (PNS) menjalani pendidikan dan pelatihan khusus sesuai dengan bidang atau jabatan yang mereka tuju.

Pendidikan di sekolah kedinasan biasanya mencakup pengetahuan dan keterampilan yang spesifik sesuai dengan kebutuhan pekerjaan di sektor publik. Ini termasuk pelajaran-pelajaran yang berkaitan dengan hukum, administrasi publik, manajemen, kebijakan publik, atau bidang-bidang lain yang relevan dengan tugas-tugas yang akan diemban oleh calon pegawai tersebut setelah lulus dari sekolah kedinasan.

Siswa di sekolah kedinasan Kemenhub misalnya akan diberikan pendidikan yang berkaitan dengan fungsi Kementerian Perhubungan. Pendidikan yang dimaksud dapat mencakup berbagai aspek seperti manajemen transportasi, keselamatan penerbangan, regulasi transportasi laut, teknologi transportasi, manajemen logistik, dan bidang-bidang lain.

Syarat Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Sama halnya dengan sekolah biasa, calon taruna sekolah kedinasan juga perlu mempersiapkan sejumlah persyaratan jika ingin ikut mendaftar. Berikut ini adalah informasi syarat pendaftaran awal yang harus dipersiapkan calon taruna sekolah kedinasan:

1. Kartu Keluarga (KK);

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP);

3. Ijazah;

4. Rapor SMA/Sederajat;

5. Pas Foto;

6. Dokumen lain sesuai peraturan instansi yang dituju.

Jadwal Daftar Sekolah Kedinasan Kemenhub 2024

Berdasarkan informasi pada laman Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Kemenhub RI, jadwal daftar sekolah kedinasan Kemenhub 2024 dimulai pada April 2024. Calon taruna nantinya akan mengikuti beberapa tahap seleksi lanjutan yang akan berlangsung hingga Agustus 2024.

Jadwal tersebut dapat berubah berdasarkan keputusan panitia seleksi. Namun, sebagai bahan acuan, Kemenhub telah merilis rencana jadwal pendaftaran dan seleksi sekolah kedinasan Kemenhub 2024, berikut informasinya:

April 2024: Pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan

April – Mei 2024: Pendaftaran sekolah kedinasan dibuka

Juni – Juli 2024: Pelaksanaan Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)

Juli – Agustus 2024: Pelaksanaan seleksi lanjutan

Syarat Administrasi Sekolah Kedinasan Kemenhub 2024

Masih merujuk informasi dari laman SIPENCATAR Kemenhub RI, calon taruna Kemenhub 2024 harus memenuhi sejumlah syarat administrasi lengkap dengan detail yang telah ditentukan. Berikut ini adalah rincian syarat administasi sekolah kedinasan Kemenhub 2024:

1. Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 500 kb dengan format .jpg)

2. KTP bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 500 kb

3. Ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA dan sederajat (2 SEMESTER) bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 (dua belas). Surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb

4. Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kB dengan format .jpg)

5. Persyaratan lainnya yang diunggah dalam 1 (satu) berkas dengan format PDF ukuran maksimal 2MB yang terdiri atas:

Daftar Sekolah Kedinasan Kemenhub

Secara garis besar, sekolah kedinasan Kemenhub dibagi menjadi tiga matra yaitu, darat, udara, dan laut. Terdapat 22 sekolah kedinasan Kemenhub yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Berikut ini adalah daftar lengkap sekolah kedinasan Kemenhub:

1. AKADEMI PENERBANG INDONESIA (API) BANYUWANGI

2. POLITEKNIK ILMU PELAYARAN (PIP) MAKASSAR

3. POLITEKNIK ILMU PELAYARAN (PIP) SEMARANG

4. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN (PKTJ) TEGAL

5. POLITEKNIK PELAYARAN (POLTEKPEL) BANTEN

6. POLITEKNIK PELAYARAN (POLTEKPEL) BAROMBONG

7. POLITEKNIK PELAYARAN (POLTEKPEL) MALAHAYATI ACEH

8. POLITEKNIK PELAYARAN (POLTEKPEL) SORONG

9. POLITEKNIK PELAYARAN (POLTEKPEL) SULAWESI UTARA

10. POLITEKNIK PELAYARAN (POLTEKPEL) SUMATERA BARAT

11. POLITEKNIK PELAYARAN (POLTEKPEL) SURABAYA

12. POLITEKNIK PENERBANGAN (POLTEKBANG) JAYAPURA

13. POLITEKNIK PENERBANGAN (POLTEKBANG) MAKASSAR

14. POLITEKNIK PENERBANGAN (POLTEKBANG) MEDAN

15. POLITEKNIK PENERBANGAN (POLTEKBANG) PALEMBANG

16. POLITEKNIK PENERBANGAN (POLTEKBANG) SURABAYA

17. POLITEKNIK PENERBANGAN INDONESIA (PPI) CURUG

18. POLITEKNIK PERKERETAAPIAN INDONESIA (PPI) MADIUN

19. POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT (POLTRADA) BALI

20. POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD (PTDI-STTD) BEKASI

21. POLITEKNIK TRANSPORTASI SUNGAI DANAU DAN PENYEBERANGAN (POLTRANS-SDP) PALEMBANG

22. SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN (STIP) JAKARTA

Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN atau tulisan lainnya dari Balqis Fallahnda

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yulaika Ramadhani