Berita PPPK Guru Terkini

Info PPPK Guru Terbaru dan Cara Cek Pengumuman PPPK Tahap 1

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 28 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
PGRI meminta aturan rekrutmen PPPK Guru direvisi dan hasil seleksi kompetensi PPPK Guru 2021 akan dirilis melalui laman gurupppk.kemdikbud.go.id.
tirto.id - Hasil seleksi kompetensi tahap I Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru hingga saat ini masih belum diumumkan.

Melansir surat Pengumuman Nomor 5363/B/GT.01.00/2021 penundaan ini dilakukan karena masih berlangsungnya proses pengolahan nilai Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK. Nantinya, hasil seleksi kompetensi tahap I akan diumumkan melalui gurupppk.kemdikbud.go.id.

Sementara itu, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) meminta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merevisi aturan rekrutmen PPPK Guru serta memperbaiki manajemen pelaksanaan seleksinya.

“PGRI meminta Kemendikbudristek melakukan revisi terhadap peraturan rekrutmen PPPK sebagai solusi untuk mengatasi darurat kekurangan guru," kata Ketua Umum PB PGRI Prof Unifah Rosyidi melasir laman Antara.

"Selain itu, manajemen pelaksanaan seleksi ASN PPPK perlu diperbaiki agar di masa mendatang lebih profesional, transparan, dan akuntabel,” tambahnya.

PGRI meminta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meninjau kembali kebijakan rekrutmen PPPK tahun 2021 karena kebijakan itu dinilai tidak mempertimbangkan rasa keadilan, penghargaan terhadap pengabdian, dan dedikasi guru honorer.

"Para guru honorer itu melaksanakan tugas-tugas pembelajaran dan pelayanan pendidikan dalam situasi darurat kekurangan guru. Ketersediaan guru merupakan syarat utama agar peserta didik mendapatkan haknya dalam memperoleh layanan pendidikan,” kata Unifah.

Menurut Unifah, masa pengabdian, dedikasi, dan kinerja guru honorer yang berusia 35 tahun ke atas mestinya dipertimbangkan dalam seleksi PPPK.

Ia juga mengatakan bahwa rekrutmen guru di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) sebaiknya dilakukan melalui seleksi antar sesama guru honorer di daerah tersebut dengan mempertimbangkan masa pengabdian dan dedikasi mereka.

PGRI juga meminta Kemendikbudristek meninjau ulang tingkat kesukaran soal ujian kompetensi teknis dalam seleksi PPPK yang dinilai terlalu menekankan pada aspek kognitif.

Menurut PGRI, seleksi harus didasarkan nilai akumulatif yang mencakup linearitas, masa kerja, portofolio, prestasi, nilai seleksi kompetensi manajerial, sosio kultural, dan hasil wawancara.

Di samping itu, PGRI juga meminta pemerintah meninjau kembali kesahihan perangkat tes. PGRI menekankan bahwa pengabdian guru honorer yang begitu panjang tidak boleh diabaikan dalam proses seleksi PPPK.

“Bagi mereka yang dinyatakan tidak memenuhi ambang batas seleksi tetap diberikan kesempatan mengikuti seleksi pada masa mendatang setelah melalui proses pembinaan,” pungkas Unifah.

Cara Cek Pengumuman PPPK Guru dan Non Guru 2021



Meski belum ada pengumuman resmi hasil seleksi PPPK Guru tahap I tapi tak ada salahnya jika Anda melakukan pengecekan secara berkala.

Merujuk pengumuman Nomor : 3768/B/GT.01.00/2021 hasil seleksi kompetensi PPPK Guru 2021 akan dirilis oleh panitia melalui laman gurupppk.kemdikbud.go.id.

Caranya, Anda cukup mengakses laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id, kemudian Anda bisa mengakses soal pengumuman PPPK tahap I, bisa Anda pantau bagian unggahan dokumen.

Selain PPPK Guru, pemerintah juga menyelenggarakan rekrutmen PPPK Non Guru 2021. Berbeda dengan PPPK Guru, hasil seleksi kompetensi PPPK Non Guru dapat dipantau melalui sistem live score.

Live score untuk PPPK Non Guru 2021 dapat diakses secara luas melalui channel Youtube resmi milik BKN atau milik titik lokasi termpat ujian dilaksanakan.

Peserta akan menerima link akses dari petugas yang ada di lokasi ujian, atau mengaksesnya secara mandiri melalui Youtube, dengan cara sebagai berikut:
  • Buka Youtube melalui browser atau aplikasi
  • Pada menu search ketik "Live score seleksi kompetensi PPPK 2021" disertai dengan nama titik lokasi beserta tanggal ujian. Contoh: Live Score PPPK 2021 Kanreg Kanreg VII BKN Palembang 15 September 2021.
  • Tekan "enter" atau "search"
Peserta juga dapat mengakses live score melalui channel Youtube Official CAT BKN, dengan langkah-langkah berikut:
  • Melalui Yotube ketik "Official CAT BKN" kemudian klik "search"
  • Klik akun Youtube Official CAT BKN
  • Masuk ke menu video
  • Temukan video live score sesuai dengan seleksi penerimaan, tanggal, dan lokasi ujian. Contoh: Live Score Seleksi Kompetensi PPPK 2021 BKKBN NTT STIKOM 16 September 2021.


Baca juga artikel terkait PPPK 2021 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight