tirto.id - Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Yogyakarta menginformasikan pemadaman listrik Jogja dan sekitarnya hari ini, Rabu (11/12/2024). Sejumlah kawasan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) seperti Bantul, Sleman, dan Gunungkidul akan mengalami pemadaman listrik.
UP3 PLN Jogja menjelaskan, pemadaman hari ini, Rabu (11/12) dilakukan demi pemeliharaan/perbaikan jaringan listrik, seperti yang disampaikan melalui Instagram @plnjogja, Selasa (12/11).
Terdapat setidaknya 3 kawasan yang terdampak dalam pemeliharaan itu. Wonosari, Gunungkidul; Kalasan, Sleman; dan Bantul. Simak jadwal pemadaman listrik Jogja dan sekitarnya.
Jadwal Pemadaman Listrik Sleman Hari Ini
Pemadaman listrik di kawasan Kalasan, Sleman, DIY, dilakukan pemeliharaan jaringan penyambungan baru dan perubahan daya (PBPD). Jadwal pemadaman listrik Kalasan sebagai berikut:
- Hari: Rabu, 11 Desember 2024
- Waktu: Pukul 10.00-14.00 WIB
- Penyebab: Pemeliharaan jaringan PBPD
- Lokasi: JL. LPMP Koramil 0732/08 Kalasan, Dn Gelondong, Dn Duri, SMA Muhammadiyah Kalasan, SD Muhammadiyah Duri, PT. TEMPO, PT. Satwa Nusantara Abadi, PT. FKS Pangan Nusantara, Kantor Kelurahan Tirtomartani, Balai Pemdes JOGJA,Dn Jetis, PT Jadi Kuat Bersama, Dn Bendan, Dn Ngajeg, BPMP, Dn Plasan,Dn Karangnongko, SD N Karangnongko,Dn Segaran, Dn Kedulan, Dn Pundong, Dn Plasan, Dn Bendosaridan sekitarnya.
Jadwal Pemadaman Listrik Bantul Hari Ini
Pemadaman listrik di Bantul, DIY, dilakukan untuk pemasangan konstruksi guna PBPD. Berikut ini jadwal pemadaman listrik di kawasan Bantul:
- Hari: Rabu, 11 Desember 2024
- Waktu: Pukul 10.00-13.00 WIB
- Penyebab: Pemasangan konstruksi untuk PBPD
- Lokasi: BLKI Sabdodadi Bantul, Manding Serut, Kadibeso, Bakulan Patalan Jetis, Sawahan Sumberagung, Bayuran Sumberagung
Jadwal Pemadaman Listrik Gunungkidul Hari Ini
Pemadaman listrik terjadi di Wonosari, Gunungkidul, DIY akibat dari pemeliharaan dan pemotongan pohon dekat jaringan (ROW). Berikut ini jadwal pemadaman listrik di kawasan Wonosari:
- Hari: Rabu, 11 Desember 2024
- Waktu: Pukul 10.00-13.00 WIB
- Penyebab: Pemeliharaan dan pemotongan pohon dekat jaringan (ROW)
- Lokasi: Dn. Kepil Kampung, Dn. Kalangan Kalitekuk, Dn. Duwet Kemejing, Dn. Widoro Bendung, Dn. Gobeh Bendung, Dn. Widoro Bendung, Ds. Bulurejo Semin, Dn. Tangkil Kemejing, Dn. Karanggumuk Kemejing, Dn. Tamberan Kalitekuk, Dn. Pencil Bendung & Dn. Tahunan Bulurejo,Dn. Wonongso Tancep. Dn. Jlentir Sambeng, Dn. Sambeng Candirejo, Dn. Karangasem Cawas, Dn. Burikan Cawas, Ds. Tancep Ngawen, Ds. Sambirejo Ngawen, Ds. Jarum Bayat & Ds. Tegalrejo Gedangsari,Dn. Karangasem Cawas, Dn. Burikan Cawas, Ds. Tancep Ngawen, Ds. Jarum Bayat & Ds. Tegalrejo Gedangsari
Cara Pengaduan Listrik Padam
Sebagai informasi, jadwal pemadaman listrik pada Rabu (11/12/2024) bisa berubah sewaktu-waktu, dengan pertimbangan kendala selama perbaikan atau pemeliharaan petugas di lapangan.
Pelanggan PLN bisa menyampaikan aduan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di App Store atau Play Store. Pelanggan PLN bisa menyampaikan aduan melalui 2 cara, yaitu menggunakan ID Pelanggan atau nomor meteran, serta menggunakan titik lokasi.
Berikut ini cara menyampaikan aduan pelanggan ke PLN via PLN Mobile:
- 1. Unduh aplikasi PLN Mobile melalui Play Store dan App Store.
- 2. Buka aplikasi, kemudian klik menu Pengaduan di halaman depan aplikasi. Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan.
- 3. Di kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan. Anda juga dapat memasukkan ID pelanggan atau nomor meter lain.
- 4. Jika pelanggan tidak mengetahui nomor ID pelanggan, maka cukup tunjukkan lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian klik Konfirmasi.
- 5. Isikan data lokasi yang sesuai, kemudian pilih tombol “LANJUTKAN”.
- 6. Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih “KIRIM PENGADUAN”.
- 7. Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.
Selain melalui PLN Mobile, pelanggan bisa menggunakan cara lain untuk menyampaikan aduan. Seperti diantaranya menghubungi contact center PLN melalui sambungan telepon di nomor 123. Lalu juga Media sosial contact center PLN, seperti Twitter (X) @pln_123, Facebook PLN 123, Instagram @pln123_official, maupun E-mail di pln123@pln.co.id.
Penulis: Dicky Setyawan
Editor: Dipna Videlia Putsanra