Incar Gen Z, LINE-Hana Bank Luncurkan Bank Digital LINE Bank di RI

Oleh: Nurul Qomariyah Pramisti - 11 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia menjadi pasar ketiga LINE Bank, setelah peluncurannya Thailand dan Taiwan.
tirto.id - PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) berkolaborasi dengan LINE Corporation meluncurkan LINE Bank by Hana Bank (LINE Bank) di Indonesia. Indonesia menjadi pasar ketiga LINE Bank, setelah peluncurannya Thailand dan Taiwan.

Layanan LINE Bank sudah hadir mulai Kamis, 10 Juli 2021. Aplikasi LINE Bank kini tersedia di iOS App Store dan Google PlayStore.

Kerjasama antara Bank Hana dan LINE dimulai pada Oktober 2018, ketika LINE Financial Asia mengakuisisi 20 persen kepemilikan Bank Hana melalui Perjanjian Penyertaan Modal. Kerjasama ini menjadi awal terbentuknya layanan perbankan digital asing pertama, yang merupakan hasil kolaborasi antara bank dengan perusahaan teknologi raksasa.

“LINE Bank hadir di industri keuangan Indonesia untuk menyediakan layanan perbankan digital yang nyaman dan mudah digunakan," ujar Jong Jin Park, Direktur Utama PT Bank KEB Hana Indonesia dalam siaran persnya, Jumat (11/6/2021).

LINE Bank akan menyediakan berbagai produk keuangan dan layanan fintech yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan nasabah Bank KEB Hana Indonesia. LINE Bank akan memberikan layanan keuangan kepada segmen pelanggan nasabah yang lebih luas, termasuk Gen-Z yang merupakan mayoritas pengguna LINE.

“Dengan karakteristik geografis Indonesia yang unik, transformasi digital mampu menghadirkan layanan perbankan langsung ke telepon seluler nasabah. Hal ini semakin meningkatkan ketersediaan, keterhubungan serta kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan perbankan,” ucap Young Eun Kim, Chief Operating Officer LINE Financial Asia.

OJK mencatat akan ada 12 bank digital yang hadir di Indonesia. Deputi Direktur Basel dan Perbankan Internasional OJK Tony seperti dikutip dari Bisnis.com mengungkapkan, sejumlah bank mengklaim sebagai bank fully digital atau akan mentransformasikan diri menjadi bank fully digital.

Sejumlah bank yang dalam proses go digital yaitu:
  1. Bank BCA Digital
  2. PT BRIAgroniagaTbk
  3. PT Bank Neo Commerce Tbk
  4. PT Bank Capital Tbk
  5. PT Bank Harda Internasional Tbk
  6. PT Bank QNB Indonesia Tbk
  7. PT KEB HanaBank.

Sementara bank-bank yang telah menyatakan diri sebagai bank digital adalah:
  1. Jenius dari Bank BTPN
  2. Wokee dari Bank Bukopin
  3. Digibank dari Bank DBS
  4. TMRW dari Bank UOB
  5. Jago dari Bank Jago.


Baca juga artikel terkait LINE BANK atau tulisan menarik lainnya Nurul Qomariyah Pramisti
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Nurul Qomariyah Pramisti
Editor: Abdul Aziz
DarkLight