Menuju konten utama

IHSG Diprediksi Menguat, Berikut Rekomendasi Saham Hari Ini

IHSG diprediksi menguat pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini, Selasa (2/5/2023). Posisi IHSG diperkirakan berada pada rentang 6.804 sampai dengan 6.972.

IHSG Diprediksi Menguat, Berikut Rekomendasi Saham Hari Ini
Pekerja berada di depan layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (26/4/2023). Usai cuti bersama Lebaran 2023, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Rabu (26/4) dibuka menguat 60 poin (0,88 persen) ke 6.877. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

tirto.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini, Selasa (2/5/2023). Posisi IHSG diperkirakan berada pada rentang 6804 sampai dengaan 6972.

"Hari ini IHSG berpotensi menguat," ujar CEO PT Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya dalam risetnya.

William mengatakan mengawali bulan kelima 2023, di mana rilis data perekonomian inflasi yang diperkirakan masih akan berada dalam kondisi stabil, dapat turut memberikan sentimen positif terhadap pola gerak IHSG.

"Hal tersebut juga ditunjang oleh faktor lain di mana capital inflow masih terus terjadi," ungkapnya.

Berikut ini beberapa rekomendasi dari Yugen Bertumbuh Sekuritas, untuk saham-saham berpotensi dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya adalah:

- UNVR

- ICBP

- INDF

- KLBF

- HMSP

- JSMR

- GGRM

- KAEF

- BINA

Sementara itu, Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih juga turut rekomendasikan saham milik ASSA. Menurutnya ASSA masih menarik dicermati dengan buy 875, target price 905, dan stop loss <840.

"ASSA bullish bergerak diatas MA-5, MA-20, dan MA-100, berpotensi lanjutkan penguatan dengan membentuk pola candlestick morning star. Stochastic oscillator goldencross di area netral dan MACD bar histogram dalam momentum positif," jelas dia.

ASSA lanjut ekspansi dengan menganggarkan belanja modal sebesar Rp1,1 triliun-1,5 triliun di tahun 2023. Anggaran tersebut digunakan untuk pemeliharaan dan pembelian kendaraan untuk bisnis rental. Adapun ASSA konsisten menambah 4.000-5.000 unit kendaraan setiap tahunnya.

Selain ASSA, Ratih juga rekomendasikan saham milik MAPI. MAPI masih layak dikoleksi dengan buy 1.410, target price 1.455, dan stop loss <1.370.

"MAPI berpotensi membentuk bullish continuation dengan candlestick inverted hammer dan volume yang menguat. MACD bar histogram melemah terbatas, sehingga harga berpotensi menguat," ujarnya.

MAPI catatkan kenaikan laba bersih 402 persen YoY menjadi Rp2,11 triliun di sepanjang tahun 2022. Sementara itu, pendapatan bersih naik 46,2 persen YoY menjadi Rp25,58 triliun. Kinerja tersebut membuat MAPI berpotensi memberikan dividen setelah absen dalam tiga tahun terakhir.

Disclaimer: Artikel ini merupakan rekomendasi dan analisis saham dari analis sekuritas yang bersangkutan, bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham tertentu. Tirto tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Apabila akan membeli/menjual saham, pelajari lebih teliti dan tiap keputusan ada di tangan investor.

Baca juga artikel terkait IHSG HARI INI atau tulisan lainnya dari Dwi Aditya Putra

tirto.id - Bisnis
Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Anggun P Situmorang