IDI: Dokter Meninggal akibat COVID-19 Bertambah 4 Jadi 755 Orang

Reporter: Farid Nurhakim, tirto.id - 3 Nov 2022 14:20 WIB
PB IDI melaporkan empat dokter meninggal akibat COVID-19 pada November 2022.
tirto.id - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melaporkan empat dokter meninggal akibat COVID-19 pada November 2022. Hal itu disampaikan Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi dalam konferensi pers daring, Kamis (3/11/2022).

“Data terakhir yang kita dapatkan, dokter yang meninggal dikarenakan COVID-19 sampai saat ini adalah 755,” kata Adib.

Adib mencatat jumlah dokter yang meninggal dunia akibat COVID-19 pada Maret 2022 sebanyak 751 orang. Pada April hingga Oktober 2022 tidak ada penambahan kasus dokter meninggal akibat COVID-19.

“Dan ini tentu belum semuanya data masuk, ya. Ini baru laporan yang memang sudah menginformasikan kepada kami,” ucap Adib.

Penambahan kasus dokter meninggal akibat COVID-19 ini menjadi perhatian PB IDI. Adib mengatakan organisasinya akan terus melaporkan perkembangan mengenai hal ini.

“Bahkan bukan hanya di Ikatan Dokter Indonesia saja yang kehilangan 755 dokter, teman- teman di perawat, bidan pun kehilangan anggotanya yang menjalakan pelayanan kesehatan,” tambah Adib.

Menurut Adib, profesi dokter dan tenaga kesehatan (nakes) merupakan profesi yang menjadi garda terdepan sekaligus benteng terakhir dalam penanganan pandemi COVID-19.



Baca juga artikel terkait DOKTER MENINGGAL AKIBAT CORONA atau tulisan menarik lainnya Farid Nurhakim
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Farid Nurhakim
Penulis: Farid Nurhakim
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight