Bursa Transfer Liga 1 2019

Ichsan Pratama, Pemain Terbaik Liga 2 2018 Tinggalkan PSS Sleman

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 12 Januari 2019
Pemain terbaik Liga 2 2018, Ichsan Pratama meninggalkan PSS Sleman pada bursa transfer jelang Liga 1 2019.
tirto.id - Salah satu pemain kunci yang berhasil membawa PSS Sleman promosi ke Liga 1 2019, Ichsan Pratama dipastikan meninggalkan Super Elja pada bursa transfer kali ini. Kepergian Ichsan juga telah dikonfirmasi langsung oleh manajemen PSS Sleman.

"Kerja sama PSS dengan Ichsan Pratama resmi berakhir. Pemain lincah asal Bogor ini resmi tak lagi menjadi pemain PSS untuk Liga 1 2019," tulis PSS lewat pengumuman resminya.

Hingga artikel ini diunggah, Minggu (12/1/2019) siang, belum ada kepastian tempat berlabuh baru bagi sang motor lini tengah. Namun, manajer PSS Sleman, Retno Sukmawati menyebut bahwa keluarga jadi alasan di balik kepergian Ichsan.

"Dia kembali ke Bogor. Kembali daerah asal [tempat keluarga]," kata Retno.

Sejumlah kabar menyebutkan jika Ichsan mendekat ke klub-klub yang letaknya tak jauh dari Bogor. Beberapa yang punya kans ialah Bhayangkara FC (bermarkas di Bogor), Persija Jakarta, hingga Persib Bandung. Bahkan beberapa klub Liga 2 punya kans mendatangkan pemain berusia 26 tahun itu.


Nama Ichsan Pratama pertama kali terdengar di sepak bola Indonesia saat meneken kontrak dengan Barito Putera pada musim 2017. Setahun kemudian ia pindah ke PSPS Riau, hingga akhirnya memilih PSS Sleman.

Didatangkan PSPS Riau pada musim kompetisi 2018, Ichsan nyaris tak pernah absen dari lapangan tengah skuat Super Elja. Ia kerap kali jadi pembeda dengan visi cemerlang dan mobilitasnya di atas lapangan yang bisa membuat bek-bek lawan kesulitan.

Puncaknya, Irfan diganjar dengan penghargaan pemain terbaik Liga 2 2018 atas pencapaiannya. Terlebih, ia sendiri mampu mengantarkan Super Elja sebagai juara, usai menundukkan Semen Padang pada partai puncak.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan