Ibu Kota Baru Indonesia Resmi di Kalimantan Timur

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 22 Agustus 2019
Lokasi ibu kota baru akan berada di Provinsi Kalimantan Timur, kata Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.
tirto.id - Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil memastikan lokasi ibu kota baru akan berada di Provinsi Kalimantan Timur.

"Iya Kaltim, benar. Tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana," kata Sofyan kepada wartawan di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (22/8/2019) siang.

"Begitu diputuskan di mana lokasi tepatnya akan kami kunci [lahannya]," tambahnya.

Sebelumnya ada tiga kandidat provinsi pengganti Jakarta. Selain Kaltim, ada nama Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Luas lahan yang diperlukan minimal 3.000 hektare, kata Sofyan. Di sana akan dibangun fasilitas utama seperti gedung pemerintahan dan legislatif.

Ini akan bertambah seiring dengan penambahan fasilitas publik seperti taman kota.

"Setelah itu meluas, bisa 200-300 ribu hektare. Bisa bikin kota taman kota indah, orang bisa hidup sehat, udara bersih. Kami harapkan jadi kota menarik buat dihidupi."

Ibukota baru akan mulai dibangun pada 2021. Perpindahan rencananya akan mulai dilakukan pada tahun 2023-2024. Ongkosnya Rp466 triliun dengan didukung investasi, KPBU, dan APBN.



Baca juga artikel terkait PEMINDAHAN IBU KOTA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Rio Apinino
DarkLight