Periksa Fakta

Hoaks: Foto Khabib Nurmagomedov Pegang Kaos #2019GantiPresiden

Oleh: Frendy Kurniawan - 12 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dalam foto asli, kaos yang dipegangnya berisi teks: “Trust Me, I'm a Chicken Whisperer.”
tirto.id -

Rumor

Kemenangan Khabib Nurmagomedov terhadap Conor McGregor Minggu (7/10/2018) di T-Mobile Arena, Nevada turut membawa cerita tersendiri. Bukan hanya kemenangannya dalam saga UFC 229, tapi juga reaksi Khabib setelah pertandingan.

Kericuhan terjadi. Khabib bersitegang dengan mendatangi Dillon Danis, pendamping sekaligus rekan latihan Conor. Tidak hanya itu, Abubakar Nurmagomedov, sepupu Khabib yang mencoba ikut serta dalam kericuhan dipukul oleh Conor. Khabib meminta maaf dalam wawancara usai pertandingan. Menurutnya, hal itu terjadi karena ia tak tahan dengan hinaan rasis dan menyinggung agama Khabib.


Sontak, berita dan media sosial ramai membahas insiden antara Khabib dan Conor itu. Menariknya, ada foto Khabib sedang menjinjing sebuah kaos hitam dengan tulisan “#2019GantiPresiden” beredar di media sosial. Dalam foto tersebut, Khabib tampak berpose bersama dengan dua sosok laki-laki. Salah satunya mengenakan kaos bertuliskan “Al-Fatihah not Alfateka”.

Seorang pengguna Facebook yang membagi foto tersebut adalah Muhamad Muhaimin, pada 12 Oktober 2018, 7:18 AM. Pemilik akun menyertakan dan menyandingkan foto Khabib itu dengan foto dirinya saat berkaos “#2019GantiPresiden”.

Benarkah dan aslikah foto Khabib menjinjing sebuah kaos hitam dengan tulisan “#2019GantiPresiden” itu?

Fakta

Salah satu alat bantu dalam memeriksa asal-usul sebuah foto di internet adalah melalui teknik reverse image. Pengguna tinggal memasukkan foto yang hendak dicari tahu. Setelahnya, berbagai informasi dan konteks atas foto yang serupa dapat ditelusuri lebih lanjut.

Penelusuran reverse image atas foto Khabib itu menemukan bukti bahwa itu adalah hasil suntingan.

Pada 2 Oktober 2018, akun Instagram Khabib @khabib_nurmagomedov mengunggah foto Khabib sedang menjinjing sebuah kaos hitam bersama dua sosok laki-laki. Akun Instagram Khabib tersebut adalah akun resmi dan sudah bercentang biru (tanda sudah terverifikasi). Khabib membagi foto tersebut beserta teks bertuliskan: “Saturday night…”.

Pada foto juga terlihat dengan jelas bahwa kaos yang dijinjing Khabib bukan bertuliskan #2019GantiPresiden, melainkan “Trust Me, I'm a Chicken Whisperer”, lengkap dengan gambar ayam.

Sosok laki-laki samping Khabib tidak pula berkaos dengan tulisan “Al-Fatihah not Alfateka”. Laki-laki itu bernama Javier Mendez. Javier adalah “former World Champion Kickboxer” dan pendiri AKA. Selain itu, dia adalah “official coach” untuk “UFC Ultimate Trainer video game”.

Kesimpulan

Dari penelusuran di atas, disimpulkan bahwa foto Khabib menjinjing sebuah kaos hitam dengan tulisan “#2019GantiPresiden” adalah hasil suntingan. Foto asli telah diubah materialnya serta diganti konteks dan koneksinya. Foto hasil suntingan itu muncul dengan tujuan memberi informasi yang dipaksa berhubungan dengan momentum Pemilu Presiden 2019 di Indonesia.

Artinya, foto tersebut bukan hanya memberi informasi yang salah, tapi termasuk juga dalam kategori disinformasi. Foto tersebut hanya muncul secara sengaja sebagai upaya disinformasi tertentu di tengah masa kampanye Pemilu 2019.

========

Tirto mendapat akses aplikasi CrowdTangle yang menunjukkan sebaran sebuah unggahan (konten) di Facebook, termasuk memprediksi potensi viral unggahan tersebut. Akses tersebut merupakan bagian dari realisasi penunjukan Tirto sebagai pihak ketiga dalam proyek periksa fakta Facebook.

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Frendy Kurniawan
(tirto.id - Politik)


Penulis: Frendy Kurniawan
Editor: Maulida Sri Handayani
Dari Sejawat
Infografik Instagram