FIFA Match Day

Hasil Yordania vs Timnas Indonesia, Garuda Tertinggal 2 Gol

Oleh: Fitra Firdaus - 11 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-2 menjadi hasil Timnas Indonesia vs Yordania dalam laga uji coba pada Selasa (11/6/2019).
tirto.id - Tim nasional (Timnas) Indonesia sementara tertinggal 2-0 dari tuan rumah Yordania dalam uji coba internasional pada Selasa (11/6/2019) di babak pertama. Tampil di Stadion Internasional King Abdulllah, Amman, dua gol Yordania dikemas oleh penyerang mereka Bahaa Faisal dan Ahmed Ersan.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy memasang pola 4-3-3 dalam laga kali ini. Dia memilih Dedik Setiawan di depan, dan mencadangkan Beto Goncalves. Sebaliknya tuan rumah Yordania memakai formasi 4-2-3-1 dengan beberapa perubahan dibandingkan saat kalah 5-1 dari Slovakia.

Sejak menit pertama, Yordania mendominasi penguasaan bola. Sebaliknya, Indonesia lebih sering menunggu serangan dan memainkan bola di daerah sendiri. Wajar jika peluang emas pertama datang dari kubu tuan rumah memasuki menit keenam.

Penyerang Bahaa Faisal menusuk ke kotak penalti lantas mengirim bola untuk disantap gelandang bertahan Khalil Bani Ateyah yang sudah masuk di wilayah terlarang Indonesia. Namun, penyelesaiannya terlalu tinggi dari gawang Andritany Ardhyasa.

Garuda sempat mengirim percobaan dari Dedik Setiawan melalui tembakan jarak dekat menit ke-13. Namun, Yordania tak tergoyahkan. Mereka sekali lagi membidik gawang, dan memaksa Andritany melakukan penyelamatan penting.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-23. Indonesia yang terus tertekan, tak bisa mengantisipasi umpan panjang yang langsung diterima Bahaa Faisal. Sosok berkostum nomor 9 itu mengirim tembakan mematikan yang membuat skor jadi 1-0.

Anak asuh Vital Borkelmans setelah itu tetap mendominasi permainan, tetapi tidak kunjung menemukan celah lagi untuk membidik gawang Andritany. Baru tiga menit jelang turun minum, ada aksi individual Ahmed Ersan yang mendesak dari sisi kaana pertahanan Garuda, yang tak terbendung. Tembakan datarnya membuat skor jadi 2-0.

Serangan tumpul Indonesia turut menghiasi babak pertama, Yordania unggul dengan nyaman menjelang 45 menit terakhir.




Pencetak Gol: Bahaa Faisal 23, Ahmed Ersan 42

Timnas Yordania (4-2-3-1): Amer Shafi; Feras Shelbayeh, Tareq Khattab, Yazan Abu Arab, Ihsan Haddad; Khalil Bani Ateyah, Baha' Abdel- Rahman; Musa Al-Tamari, Ahmed Samer, Ahmed Ersan; Bahaa Faisal

Timnas Indonesia (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Yanto Basna, Achmad Jufriyanto, Hansamu Yama, Ruben Sanadi; Rizky Pellu, Rizki Pora, Evan Dimas; Riko Simanjutak, Ramdani Lestaluhu, Dedik Setiawan

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus