Liga Champions

Hasil Tottenham vs Dortmund di UCL: Sama Kuat di Babak Pertama

Oleh: Gilang Ramadhan - 14 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor babak pertama 0-0 menjadi hasil Tottenham vs Borussia Dortmund dalam laga leg pertama 16 besar Liga Champions 2018/2019 pada (14/2/2019).
tirto.id - Hasil pertandingan Tottenham vs Borussia Dortmund dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 berkesudahan dengan skor babak pertama 0-0. Bertanding di Stadion Wembley pada Kamis (14/2/2019) dini hari waktu Indonesia, penampilan gemilang Hugo Lloris membuat pertandingan berakhir sama kuat di babak pertama.

Tuan rumah arahan Mauricio Pochettino masih belum dapat menurunkan Harry Kane sebagai penyerang utama. Sebagai gantinya, skema 3-4-1-2 diturunkan Pochettino dengan mengandalkan kecepatan Heung-Min Son dan Lucas Moura di lini serang. Selain itu, Cristian Eriksen akan menjadi motor serangan tim.



Di kubu lawan, absesnnya Marco Reus dan Paco Alcacer membuat Lucien Favre selaku pelatih Borussia Dortmund memasang Mario Gotze sebagai stirker. Raphael Guerreiro dan Marcel Schmelzer mengawali pertandingan dari bangku cadangan. Posisi keduanya diambil oleh Abdou Diallo dan Mahmoud Dahoud. Selain itu, Jadon Sancho dan Christian Pulisic juga tampil sejak menit awal.



Peluit tanda pertandingan dimulai, Dortmund yang melakukan sepak mula mencoba mendominasi permainan. Peluang pertama justru didapat tuan rumah pada menit ke-7. Lucas Moura melepaskan sepakan voli dari dalam kotak penalti usai menyambut umpan Davinson Sanchez. Namun bola masih melenceng tipis ke sisi kanan gawang.

Tim tamu balas mengancam pada menit 15 melalui aksi Christian Pulisic. Memanfaatkan kecerobohan Juan Foyth di depan kotak penalti, pemain internasional Amerika Serikat itu mencuri bola dan melepaskan sepakan keras dari jarak dekat. Namun Hugo Lloris masih mampu menangkisnya dengan baik.

Pertandingan memasuki menit ke-20, Axel Witsel mencoba melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Bola tendangan kaki kanannya mengarah ke sudut kanan bawah gawang. Namun Hugo Lloris berada di posisi yang tepat untuk mengamankannya.

Cristian Eriksen gagal memanfaatkan peluang mencetak gol pada menit 34. Menerima umpan tarik mendatar dari Juan Foyth, sepakan pemain internasional Denmark itu masih melambung tinggi di atas mistar.

Satu menit berselang, Thomas Delaney dari Dortmund hampir membuka keunggulan. Menerima umpan dari Jadon Sancho di depan kotak penalti, Delaney melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang. Namun kembali, Hugo Lloris masih mampu mementahkannya.

Hugo Lloris melakukan penyelamatan gemilang pada menit 44. Bermula dari umpan tarik Jadon Sancho, Dan-Axel Zagadou berhasil menanduk bola tepat ke sisi kiri gawang. Namun Hugo Lloris berhasil menjangkau bola dengan sangat baik.

Skor 0-0 bertahan hingga paruh pertama usai. Kedua kesebelasan sama-sama tampil solid, terlebih tuan rumah. Hugo Lloris berhasil melakukan 4 penyelamatan dari total 4 tendangan tepat sasaran Dortmund. Sementara tuan rumah belum melakukan shoot on target dari 53% penguasaan bola.


Susunan Pemain

Tottenham (3-4-1-2): Hugo Lloris, Serge Aurier, Davinson Sanchez, Juan Foyth, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Moussa Sissoko, Harry Winks, Cristian Eriksen, Heung-Min Son, Lucas Moura. | Pelatih: Mauricio Pochettino

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Burki, Achraf Hakimi, Dan-Axel Zagadou, Omer Toprak, Abdou Diallo, Axel Witsel, Thomas Delaney, Jadon Sancho, Mahmoud Dahoud, Christian Pulisic, Mario Gotze. | Pelatih: Lucien Favre

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus