Liga Champions

Hasil Tottenham vs Dortmund: Satu Kaki Spurs di Babak 8 Besar

Oleh: Gilang Ramadhan - 14 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 3-0 menjadi hasil Tottenham vs Borussia Dortmund dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 pada Kamis (14/2/2019).
tirto.id - Hasil pertandingan Tottenham vs Borussia Dortmund dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 berkesudahan dengan skor akhir 3-0. Bertanding di Stadion Wembley pada Kamis (14/2/2019) dini hari waktu Indonesia, satu kaki Spurs berada di babak 8 besar berkat tiga gol dari Heung-Min Son, Jan Vertonghen dan Fernando Llorente.

Penampilan gemilang Hugo Lloris pada babak pertama membuat skor0-0 bertahan hingga 45 menit pertama usai. Dortmund yang membuat 4 peluang yang semuanya menemui sasaran berhasil digagalkan Lloris dengan baik.

Penyelamatan paling krusial kiper tim nasional Perancis itu terjadi pada menit 44. Dan-Axel Zagadou berhasil melakukan tandukan dari jarak dekat ke sisi kiri gawang menyambut umpan Jadon Sancho. Akan tetapi, Hugo Lloris berhasil menepis bola tepat di garis gawang.

Sementara itu tuan rumah yang tampil kurang meyakinkan, juga sempat beberapa kali melakukan ancaman. Namun, dari total 3 peluang tercipta, tidak ada satu pun yang menemui gawang.



Memasuki babak kedua, tuan rumah langsung tancap gas. Ketika paruh kedua baru berjalan 2 menit, Heung-Min Son berhasil membuka keunggulan tuan rumah. Berdiri tak terkawal di depan gawang, Son dengan mudah menyontek bola hasil umpan tarik dari Jan Vertonghen. Skor berubah 1-0 untuk Spurs.

Berposisi sebagai wingback kiri, Jan Vertonghen sesekali melakukan tusukan ke depan kotak penalti. Salah satunya pada menit 58. Bek internasional Belgia itu sukses melewat beberapa pemain sebelum melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Namun upaya spekulasinya itu masih jauh dari sasaran.

Dortmund baru memiliki peluang matang pada menit 69. Umpan Thomas Delaney ke depan kotak penalti berhasil disambut Mahmoud Dahoud. Gelandang muda tersebut kemudian melepaskan sepakan ke dari luar kotak penalti dengan kaki kanannya. Kendati mengarah ke gawang, bola yang lemah mudah diamankan Hugo Lloris.

Tottenham berhasil menggandakan keunggulannya pada menit 83 berkat gol Jan Vertonghen. Umpan tarik Serge Aurier ke kotak penalti berhasil diteruskan menjadi gol dengan sepakan voli Vertonghen dari jarak dekat. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan Spurs.

Fernando Llorente yang baru masuk pada menit 85, langsung mencetak gol ketiga Spurs pada menit 86. Berawal dari sepak pojok Cristian Eriksen, bola berhasil disambar Llorente dengan kepalanya.

Hingga pertandingan berakhir, skor 3-0 utnuk keunggulan Tottenham bertahan. Tottenham memiliki 12 peluang berbanding Dortmund yang hanya mencetak 6 peluang. Tuan rumah sendiri memiliki catatan penguasaan bola yang sedikit lebih baik dengan persentase 52% berbanding sang tamu yang memiliki 48%.

Susunan Pemain

Tottenham (3-4-1-2): Hugo Lloris, Serge Aurier, Davinson Sanchez, Juan Foyth, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Moussa Sissoko (Victor Wanyama 90'), Harry Winks, Cristian Eriksen, Heung-Min Son (Erik Lamela 90'), Lucas Moura (Fernando Llorente 85'). | Pelatih: Mauricio Pochettino

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Burki, Achraf Hakimi, Dan-Axel Zagadou (Marcel Schmelzer 77'), Omer Toprak, Abdou Diallo, Axel Witsel, Thomas Delaney, Jadon Sancho (Raphael Guerreiro 88'), Mahmoud Dahoud, Christian Pulisic (Jacub Brunn Larsen 87'), Mario Gotze. | Pelatih: Lucien Favre

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus