Hasil Timnas U-19 Indonesia vs Arab Saudi: Garuda Nusantara Tunduk

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 10 Oktober 2018
Dibaca Normal 2 menit
Pertandingan uji coba antara Timnas U-19 Indonesia vs Arab Saudi berakhir dengan skor 1-2.
tirto.id - Pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Arab Saudi dalam laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (10/10/2018) sore berakhir dengan skor 1-2. Gol roket Saddil Ramdani belum cukup menghadirkan kemenangan, lantaran gawang Indonesia dua kali dibobol Abdullah Alhamddan.

Tampil di hadapan pendukungnya, Indonesia masih mengandalkan formasi 4-3-3 yang jadi ciri khasnya. Megabintang Egy Maulana Vikri yang baru tiba di Indonesia dari klubnya, Lechia Gdansk, belum dapat diturunkan sebagai starter. Egy pun memulai laga dari bangku cadangan.

Kendati tanpa Egy, pelatih Indra Sjafri tetap memainkan sejumlah pemain bintang lain. Beberapa di antaranya Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, hingga kiper tangguh Muhammad Riyandi.

Arab Saudi pun tampil dengan skema menyerang. Abdullah Alhamddan tetap jadi tumpuan lini depan, dibantu oleh pemain-pemain tak kalah agresif seperti Salem Alsaleem hingga Hamad Al Tuhafyan.

Babak Pertama Sama Kuat

Belum genap empat menit laga berlangsung, tuan rumah mengancam. Sebuah umpan terobosan yang dikirimkan Samuel Christianson jatuh ke kaki Witan Sulaeman. Dari sektor kiri penyerangan, Witan menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tendangan menyusur tanah, namun bola masih dapat dihadang kiper Nawaf Alghamdi.

Sangat disayangkan karena di tengah upaya menekan, Timnas U-19 Indonesia harus kehilangan pemain karena cedera. Bek sayap Samuel Christianson terkena tekel keras pemain lawan saat melakukan overlap. Ia lantas ditarik oleh pelatih Indra Sjafri untuk diganti dengan Firza Andika.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan Garuda Nusantara, khususnya lewat kedua sisi sayap. Namun kecepatan lini belakang Arab Saudi dalam mengantisipasi pergerakan tuan rumah membuat peluang matang lain urung tercipta hingga laga melewati 25 menit.

Momentum sempat kembali hadir pada menit 31. Witan Sulaeman kembali menyulitkan lawan lewat pergerakan individunya di sayap kiri. Usai melewati dua pemain lawan, Witan mengirim umpan silang kepada Hanis Saghara yang lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan Alghamdi. Sayang, tinggal menceploskan si kulit bundar, sepakan Hanis meleset. Peluang tersebut gagal menghadirkan gol.

Terus menerus gagal, Indonesia mempertajam serangan. Gelandang Resky Fandy ditarik dan digantikan oleh pemain dengan posisi lebih menyerang, Todd Rivaldo Ferre.

Akan tetapi, Indonesia yang terus menerus mendominasi justru jadi tim yang lebih dulu kebobolan. Pada menit 37, lewat sebuah serangan kejutan dari sayap kiri, bola yang dikuasai pemain Arab Saudi lantas jatuh ke kaki Abdullah Alhamddan. Mendapat ruang tembak di sektor kanan kotak penalti, Abdullah melepaskan tendangan keras ke sisi kiri atas gawang. Skor 0-1.

Garuda Nusantara sempat mendulang momentum emas dua menit jelang turun minum. Sebuah umpan dari Todd Rodd Rivaldo Ferre jatuh ke kaki Firza Andika. Sayang, Firza yang tinggal melepaskan tendangan ke gawang gagal mencetak gol. Bola hasil sepakannya masih dapat dihadang kiper lawan.

Akhirnya, Indonesia mampu benar-benar membalas ketertinggalan pada menit 45. Usai menerima sodoran dari Witan Sulaeman, Saddil Ramdani meliuk-liuk dan melewati beberapa pemain lawan di depan kotak penalti. Ia lantas mengakhiri aksinya dengan tendangan keras ke sisi kanan gawang. Kiper Nawaf Alghamdi yang terkejut dan tak menduga sepakan Saddil akhirnya kecolongan. Ia tak mampu membendung laju bola, sehingga skor menjadi 1-1. Kedudukan Ini bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Indonesia kembali mencoba mengambil alih dominasi. Namun, lini serang masih kesulitan mengurai pertahanan Arab Saudi. Pelatih Indra Sjafri pun melakukan pergantian penting pada menit 55. Pada posisi ujung tombak, Indra memasukkan Muhammad Rafli Mursalim guna merotasi Hanis Saghara.

Pergantian ini juga diikuti penyegaran di lini belakang, di mana Indra menarik kapten tim Rachmat Irianto. Ia digantikan oleh bek asal Persib Bandung, Indra Mustafa.

Namun lagi-lagi Indonesia lengah di tengah upayanya menyerang. Berawal dari serangan balik tim tamu, Ibrahim Mahnasi menusuk ke kotak penalti. Asnawi Mangkualam yang tampil kurang tenang melakukan tekel keras terhadap Ibrahim yang berujung pelanggaran. Hadiah tendangan penalti pun didapat Arab Saudi.

Abdullah Alhamddan yang tampil sebagai eksekutor membuktikan kualitasnya. Sepakan tenang Abdullah ke sisi kanan bawah gawang mengecoh Riyandi dan berujung gol kedua bagi sang striker. Kedudukan menjadi 1-2.

Garuda Nusantara lagi-lagi merespons dengan rotasi pemain. Kali ini lini tengah yang dirombak. Muhammad Rafi Syarahil masuk menggantikan Syahrian Abimanyu.

Sejak rotasi tersebut, Indonesia bermain lebih tenang dan mengurangi tempo. Pada menit 76 sebuah peluang sempat hadir lewat kaki Asnawi Mangkualam. Ia melepaskan sebuah tendangan keras yang sayangnya masih dapat ditepis Alghamdi.

Peluang tak kalah matang hadir sembilan menit jelang laga usai. Todd Rivaldo Ferre menusuk seorang diri di pertahanan lawan. Usai melakukan cut inside dari sayap kiri ke kotak penalti, Todd membidikkan bola dengan sepakan keras. Namun bola mengarah tidak akurat dan sekadar menghasilkan tendangan gawang.

Todd kembali mengancam gawang lawan pada menit 87. Lagi-lagi lewat sebuah aksi individu, yang kali ini dimulai dari sayap kanan. Usai menusuk ke dalam kotak penalti, Todd melepaskan tendangan akurat, namun dapat diredam oleh Alghamdi.

Hingga laga usai, upaya-upaya Garuda Nusantara terus gagal. Skor akhir 1-2 untuk kemenangan Arab Saudi.

Susunan Pemain

Timnas U-19 Indonesia: Muhammad Riyandi (GK), Nurhidayat, Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto (C), Samuel Christianson, M. Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Resky Fandi, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Hanis Saghara.

Cadangan: Gianluca Pagliuca Rossi (GK), M. Aqil Savik (GK), Kadek Raditya, Indra Mustafa, M. Rifad Marasabessy, Firza Andika, Samuel Christianson, M. Raffi Syarahil, Todd Rivaldo, Aulia Hidayat, Egy Maulana Vikri, Feby Eka Putra, M Rafli Mursalim.

Timnas U-19 Arab Saudi: Nawaf Alghamdi (GK), Makhir Alrashidi, Khalifah Aldawsari (C), Saud Abdulhamid, Hazim Alzahrani, Ibrahim Mahnashi, Abudulaziz Adhuwayhi, Abdulmoshen Alqathani, Hamad Al Tuhafyan, Salem Alsaleem, Abdullah Alhamddan.

Cadangan: Mohammed Aldawsari (GK), Fajaj Alghashayan, Mansor Albeshe, Muhannda Alshanqiti, Khalid Alghannam, Nawaf Sharahili, Feras Albrikan, Hamed Alghamdi, Waleed Ahmad, Naif Almas, Mohammed Alshanqiti.

Baca juga artikel terkait TIMNAS U-19 INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan