Hasil Timnas Indonesia vs Iran U19: Minim Peluang di Babak Pertama

Oleh: Permadi Suntama - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor sementara 0-0 menjadi hasil Timnas Indonesia vs Iran di babak pertama dalam laga uji coba pada Rabu (11/9/2019) di Stadion Mandala Krida Yogyakarta.
tirto.id - Pertandingan Tim nasional (Timnas) Indonesia U-19 vs Iran U-19 berakhir tanpa gol di babak pertama. Baik Garuda maupun sang lawan kesulitan mendapatkan peluang emas sepanjang 45 menit awal partai uji coba internasional yang berlangsung di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, pada Rabu (11/9/2019).

Kendati menguasai jalannya pertandingan, Timnas Indonesia U-19, tetap gagal menciptakan peluang berarti di babak pertama. Sementara Iran U19, yang lebih banyak mengandalkan serangan balik, juga mengalami kebuntuan untuk menembus lini belakang Indonesia.



Dalam pertandingan kali ini, Fakhri Husaini, pelatih Garuda, langsung memasang Sutan Zico dan Bagus Kahfi di lini depan ditemani Rendy Juliansyah, dalam skema 4-3-3. Di lain pihak, Sayed Akbar, juru taktik Iran, mengubah 10 pemain di starting line up dan memasang formasi 3-4-3.

Tiga menit laga berjalan Bagus Kahfi berhasil merangsek ke dalam kotak penalti Iran. Namun peluang emas miliknya diblok oleh pemain belakang lawan. Indonesia terus mengurung pertahanan Iran dalam 20 menit awal babak pertama, kendati selalu dipatahkan saat memasuki area penalti.

Namun, terlalu fokus menyerang, membuat lini belakang Indonesia memiliki lubang. Ini dimanfaatkan oleh tim asal Asia Barat. Sebuah serangan balik cepat, yang dimotori oleh Aria Bazegar dari sisi kiri pertahanan Indonesia mengancam. Namun, peluang tersebut juga mentah.



Menit 19, Indonesia kembali mendapat peluang setelah lini belakang Iran melakukan kesalahan. Namun, Bagus Kahfi yang menerima bola, kembali gagal memanfaatkan peluang.

Tak lama berselang, giliran Sutan Zico, yang mendapat peluang. Namun, ruangnya ditutup dengan cepat oleh lini belakang Iran. Kedua tim terus berupaya mencetak gol perdana. Hanya saja, upaya yang dilakukan oleh pemain-pemain Indonesia dan Iran selalu mengalami kebuntuan.

Sebuah serangan balik dari Iran di menit 41, mengancam lini belakang Indonesia, namun hanya menghasilkan sepak pojok. Dari situasi tersebut, Iran memiliki peluang, yang masih mampu diantisipasi Muhammad Adisatrio.

Kendati terus berupaya mencetak gol, tidak ada gol yang tercipta hingga turun minum. Kedua tim juga minim peluang sepanjang babak pertama.

Susunan Pemain
Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Adisatrio; Bagas Kaffa, Komang Teguh, Salman Alfarid, Noer Fadhil; Brylian Aldama, David Maulana, Khairul Imam Zakiri; Rendy Juliansyah, Bagus Kahfi, Sutan Zico.

Iran (4-3-3): Amir Hossein Nikpour; Mohammad Reza Mohammari, Ahmad Jalali, Hossein, Mohammad Asgari; Hossein Zavari, Yassin Salmani; Shaverdi, Mahdi; Mehdi Ahmadi, Asad, Aria Barzegar.

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight