Hasil Timnas Indonesia U19 vs Iran 1-0 Menang Berkat Gol Sutan Zico

Oleh: Permadi Suntama - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-0 menjadi hasil Timnas Indonesia U19 vs Iran dalam laga uji coba pada Rabu (11/9/2019) berkat gol Sutan Zico. Ini adalah balasan atas kekalahan di laga perdana.
tirto.id - Pertandingan Tim nasional (Timnas) Indonesia U19 vs Iran berakhir dengan skor tipis 1-0. Sutan Zico menjadi penentu kemenangan Garuda dalam laga yang digelar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, pada Rabu (11/9/2019).

Kemenangan ini menjadi balasan Timnas Indonesia untuk Iran. Pasalnya, di laga perdana yang dimainkan pada Sabtu (7/9/2019) lalu, pasukan Fakhri Husaini kalah dengan skor 2-4.

Dalam laga kali ini, Indonesia berhasil menguasai jalannya pertandingan sepanjang babak pertama. Namun, mereka gagal menciptakan peluang berarti untuk mencetak gol. Sebaliknya, Iran yang lebih banyak mengandalkan serangan balik cepat, beberapa kali mendapat peluang emas kendati juga gagal berbuah.

Memasuki babak kedua, Fakhri Husaini langsung melakukan perubahan. Beckham Putra dan Muhammad Supriyadi dimasukkan demi menambah daya gedor dan kreativitas di lini tengah.

Hasilnya, belum genap 3 menit babak kedua berjalan, Sutan Zico berhasil mencetak gol. Berawal dari gerakan individual Supriyadi, pemain yang baru masuk di babak kedua itu mengirim umpan terobosan yang dimanfaatkan Zico, lewat tendangan keras.

Kendati tendangan Zico diantisipasi oleh penjaga gawang Iran, bola gagal dikuasainya, lalu meluncur ke dalam gawang Iran. 1-0, Timnas Indonesia U19 unggul atas Iran.

Tertinggal satu gol, para pemain Iran langsung bereaksi dengan terus menggempur pertahanan Iran. Sementara Indonesia, yang sebelumnya bermain possessions, mengubah pendekatan dengan mengandalkan serangan balik cepat.



Indonesia mendapat peluang melalui tendangan bebas di menit 53,yang diambil oleh Beckham Putra. Namun, tendangan pemain milik Persib Bandung itu masih mampu ditepis oleh Amir Hossein, dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Menit 70, Bagus Kahfi mendapat peluang emas ketika Bagus Kahfi berakselerasi dan masuk ke area penalti Iran. Namun, tendangan Bagus masih mampu diblok oleh Amir Hossein. Bola liar di depan gawang gagal dimaksimalkan oleh pemain Indonesia.

Iran yang mencoba menyamakan kedudukan mendapat peluang emas di menit 80. Namun, tendangan Ahmad Reza Jenadeleh, masih mampu ditepis oleh Ernando. Semenit berselang, Sayed Reza Mousvian melewati lini belakang Indonesia dan tinggal berhadapan dengan Ernando. Namun, aksinya mentah.

Iran kembali meraih peluang emas ketika Ernando sudah dilewati, namun bola yang sudah mengarah ke gawang masih mampu diblok oleh Komang Teguh. Iran kian gencar melakukan serangan di menit-menit akhir, tetapi tak ada gol yang tercipta di sisa laga.

Timnas Indonesia U19 berhasil menang dengan skor tipis 1-0.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Adisatrio; Bagas Kaffa, Komang Teguh, Salman Alfarid, Noer Fadhil; Brylian Aldama, David Maulana, Khairul Imam Zakiri; Rendy Juliansyah, Bagus Kahfi, Sutan Zico.

Iran (4-3-3): Amir Hossein Nikpour; Mohammad Reza Mohammari, Ahmad Jalali, Hossein, Mohammad Asgari; Hossein Zavari, Yassin Salmani; Shaverdi, Mahdi; Mehdi Ahmadi, Asad, Aria Barzegar.

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA U19 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight