Hasil Sidang Isbat 2019, Hilal Terlihat di Bangkalan hingga Makasar

Oleh: Mohammad Bernie - 5 Mei 2019
Keputusan hasil sidang Isbat menunjukkan, hilal terlihat pada sejumlah daerah yakni Bangkalan, Gresik, Lamomgan, Makassar, Brebes dan Sukabumi.
tirto.id - Kementerian Agama mengumumkan 1 Ramadan 1440 H atau 2019 dimulai Senin (6/5/2019). Hasil sidang Isbat 2019 menunjukkan, hilal terlihat di sejumlah daerah. Di antaranya, di Bangkalan, Gresik, Lamomgan, Makassar, Brebes dan Sukabumi.

"Ada 9 petugas yang melihat hilal di sejumlah daerah di Indonesia," kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers hasil sidang Isbat Awal Ramadan 1440 H, Minggu (5/5/2018).

Menurut Menag, posisi hilal dilihat pada ketinggian 4 derajat 30 menit 59 detik dan 5 derajat 42 menit 59 detik.


"Seluruh peserta sidang isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan 1440 hijriah jauh pada esok hari 6 mei tahun 2019," kata dia.

Lukman mengatakan, keputusan itu diambil berdasarkan hasil pemantauan tim di 102 titik yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Selain itu, Kemenag juga menggunakan metode hisab (perhitungan).

Dalam sidang Isbat dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), danLembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Sidang ini juga diikuti Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.



Baca juga artikel terkait RAMADAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Zakki Amali
DarkLight