Hasil Rukyatul Hilal NU, 1 Ramadan Dimulai Senin Besok

Oleh: Zakki Amali - 5 Mei 2019
PBNU memutuskan 1 Ramadan 2019 dimulai Senin besok 6 Mei 2019 berdasar hasil rukyatul hilal secara langsung di sejumlah tempat yang telah ditentukan di Indonesia.
tirto.id - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengumumkan hasil rukyatul hilal 1 Ramadan 2019 secara langsung dari sejumlah wilayah yang telah ditentukan di Indonesia, Minggu (5/5/2019).

Dalam akun Twitter resmi PBNU tertulis, "Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama melaksanakan rukyah pada Ahad, 5 Mei 2019 di lokasi-lokasi yg sudah ditentukan dan berhasil melihat hilal. Atas dasar itu PBNU mengikhbarkan bahwa Awal Ramadhan 1440 H jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019. Selamat memasuki bulan Ramadhan," cuit akun tersebut.


Kemudian, tertulis dalam surat, hasil rukyatul hilal sesuai dengan Al-madzahilbul Arba'ah atau empat Imam Mazhab (Imam Syafi'i, Hambali, Maliki, dan Hanafi) dalam Islam, PBNU memutuskan penetapan 1 Ramadan.


Dalam surat ini tertulis imbauan kepada umat Islam untuk mensucikan diri, memperbanyak dzikir dan membaca Alquran serta meningkatkan ketakwaan.


Saat ini tengah berlangsung sidang Isbat penentuan 1 Ramadan 2019 oleh Kementerian Agama. Direncakan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin akan menggelar konferesi pers, Minggu (5/5/2019) pukul 19.00 WIB.

Sidang Isbat dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama.

Kemudian tim Kemenag akan melaporlan hasil hisab (penghitungan) dan pantauan hilal (bulan baru) yang dilakukan tim Kemenag.

Sebagai informasi, Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal di 102 titik di seluruh Indonesia. Selanjutnya, disusul sidang akan memutuskan penetapan 1 Ramadan 1440 H akan dimulai.




Baca juga artikel terkait RAMADAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Zakki Amali
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Zakki Amali
Editor: Agung DH
DarkLight