Piala AFC 2019

Hasil Persija vs Shan United Skor 6-1, Bruno Matos Hattrick

Oleh: Fitra Firdaus - 15 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 6-1 menjadi hasil Persija vs Shan United di laga terakhir penyisihan grup Piala AFC 2019 berkat hattrick Bruno Matos.
tirto.id - Persija menutup perjalanan mereka di Piala AFC 2019 dengan kemenangan 6-1 dari Shan United pada Rabu (15/5/2019). Parade gol Bruno Matos (hattrick), Novri Setiawan, Heri Susanto, dan Riko Simanjuntak di Gelora Bung Karno, Jakarta memastikan kemenangan kedua Macan Kemayoran di penyisihan grup kompetisi tersebut.

Persija sudah pasti tidak lolos ke semifinal zona ASEAN. Namun, setidaknya mereka ada di tiga besar klasemen Grup G dengan koleksi tujuh angka. Pasukan Ivan Kolev juga membuat Shan United, wakil Myanmar, tak bisa meraih satu angka saja dalam enam pertandingan di babak grup.

Persija sudah unggul dua gol di babak pertama. Menit keenam, mereka sudah unggul ketika Bruno Matos dengan cerdik memanfaatkan kesalahan kiper tim tamu, Phone Thitsar, dalam mengantisipasi bola mati. Bruno melepaskan tendangan bebas melengkung ketika Thitsar keluar sarang, dan masuk.

Persija mendominasi babak pertama, dan mencetak gol kedua pada menit ke-18. Umpan dari kaki ke kaki Macan Kemayoran yang demikian cepat berujung pada bola terobosan Rohit Chand kepada Novri Setiawan. Sang gelandang tidak menyiakan kesempatan dengan tembakan datarnya.

Memimpin dua gol sebelum turun minum tidak membuat Persija hilang gairah. Menit ke-47, Bruno Matos melewati satu pemain belakang Shan United, masuk ke kotak penalti, lantas mengirim bola silang yang tinggal diselesaikan Heri Susanto. Tidak ada yang bisa dilakukan oleh tim tamu atas gol seperti ini.

10 menit kemudian, kesalahan umpan bek lawan dimanfaatkan Riko Simanjuntak. Ia melesat ke dalam kotak penalti, dan menjadi pemain keempat Persija yang mencetak gol dalam laga ini.

11 menit menjelang laga berakhir, Shan United punya peluang dari tendangan bebas yang dihamburkan begitu saja oleh Zin Min Tun. Namun wakil Myanmar akhirnya bisa mendapatkan gol hiburan. Zin Min Tun memperbaiki kesalahannya, dengan memanfaatkan lemahnya koordinasi lini belakang Persija.

Namun, Persija bisa mencetak gol kelima pada menit ke-90. Bruno Matos tinggal mendorong bola masuk berkat kinerja Riko Simanjuntak. Belum cukup sang pemain asal Brasil mencetak gol ketiganya sehingga skor akhir 6-1 untuk Macan Kemayoran.



Pencetak Gol: Bruno Matos 6, 90, dan 90+2, Novri Setiawan 18, Heri Susanto 47, Riko Simanjuntak 57/ Zin Min Tun 82

Persija (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Steven Paulle, Tony Sucipto; Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Bruno Matos, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak; Heri Susanto

Pelatih: Ivan Kolev

Shan United (4-3-3): Phone Thitsar; David Htan, Hein Thiha, Nanda Kyaw, Ye Min Thu; Ya Naing Oo, Aung Show Maung, Set Phyo Wai; Hein Phyo, Zen Min Tun, Shwe Ko

Pelatih: Thu U Min

Baca juga artikel terkait AFC CUP 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus