Piala AFC 2019

Hasil Persija vs Shan United, Unggul Dua Gol di Babak Pertama

Oleh: Fitra Firdaus - 15 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-0 menjadi hasil babak pertama Persija vs Shan United di laga terakhir Piala AFC 2019.
tirto.id - Persija sementara memimpin 2-0 dari Shan United di babak pertama laga terakhir penyisihan grup Piala AFC 2019 pada Rabu (15/5/2019). Gol Bruno Matos dan Novri Setiawan di Gelora Bung Karno Jakarta membuat Macan Kemayoran berpeluang meraih kemenangan kedua mereka di ajang Asia.

Persija turun dengan formasi 4-2-3-1 dengan Heri Susanto sebagai ujung tombak. Sementara itu, Bruno Matos ditemani Novri Setiawan dan Riko Simanjuntak. Di lini belakang, Ryuji Utomo dan Steven Paulie menjadi palang pintu di depan Andritany Ardhiyasa.



Shan United yang dalam lima pertandingan di Piala AFC 2019 tak pernah meraih satu angka saja, memakai pola 4-3-3. Zen Min Tun menjadi pilihan di depan, bersama Shwe Ko dan Hein Phyo. Namun, kelemahan klub Myanmar langsung terlihat ketika dalam 18 menit pertama, mereka kebobolan dua gol.

Gol pertama murni kesalahan kiper tim tamu, Phone Thitsar. Ia justru keluar dari sarang untuk mengantisipasi bola tendangan bebas. Melihat posisinya yang keliru, Bruno Matos langsung melepaskan tembakan lengkung yang masuk telak ke gawang. 1-0, Persija semakin berbahaya.

Macan Kemayoran nyaris mencetak gol pada menit ke-14. Bermula dari tendangan sudut, bola mengalir ke arah Ryuji Utomo yang tidak terkawal. Namun, sang bek tengah hanya bisa menyaksikan tandukannya membentur tiang.

Empat menit kemudian, umpan-umpan kilat Persija tidak dapat diantisipasi oleh lini belakang Shan United. Hasilnya adalah umpan terobosan Rohit Chand yang diambil dengan baik oleh Novri Setiawan. Tembakan datarnya melewati tangan Thitsar.

Menit ke-25, Persija punya peluang ganda. Setelah aksi Bruno Matos dihentikan Thitsar, kemelut panjang menghasilkan kesempatan untuk Ryuji Utomo. Namun, upayanya yang mengenai bek Shan United, menyamping tipis.

10 menit jelang turun minum, Bruno Matos melakukan percobaan kembali dari tendangan bebas. Kali ini, upayanya dihentikan oleh Thitsar. Hingga akhir babak pertama kedudukan tidak berubah, Persija memimpin dua gol.

Pencetak Gol: Bruno Matos 6, Novri Setiawan 18

Persija (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Steven Paulle, Tony Sucipto; Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Bruno Matos, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak; Heri Susanto

Pelatih: Ivan Kolev

Shan United (4-3-3): Phone Thitsar; David Htan, Hein Thiha, Nanda Kyaw, Ye Min Thu; Ya Naing Oo, Aung Show Maung, Set Phyo Wai; Hein Phyo, Zen Min Tun, Shwe Ko

Pelatih: Thu U Min

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus