Hasil MotoGP Catalunya 2019, Fabio Quartararo Tercepat di FP2

Oleh: Permadi Suntama - 14 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Fabio Quartararo membuat catatan waktu 1 menit 40,070 detik, unggul 0,281 detik dari Dovizioso di posisi ke-2.
tirto.id - Fabio Quartararo menjadi pembalap dengan catatan waktu terbaik di latihan bebas (free practice) 2 MotoGP Catalunya 2019, Jumat (14/6/2019). Pembalap tim satelit Petronas Yamaha itu berhasil mengungguli Andrea Dovizioso, yang menempati posisi runner up.

Pembalap berkebangsaan Perancis itu membuat catatan waktu 1 menit 40,070 detik, unggul 0,281 detik dari Dovizioso. Di posisi ke-3, pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami, melengkapi 3 pembalap tercepat di FP2 MotoGP Catalunya. Dengan hasil ini, Quartararo dipastikan melaju ke sesi kualifikasi tahap 2 (Q2).

Sementara itu, rekan satu tim Dovizioso, yakni Danilo Petrucci, yang di sesi latihan bebas pertama hanya berada di posisi 18, berhasil memperbaiki posisi dan berada di peringkat 8 pencatat waktu terbaik. Dengan hasil tersebut, Petrucci pun masih memiliki peluang untuk lolos ke langsung ke kulifikasi tahap 2.

Pembalap veteran Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mampu menunjukkan penampilan konsisten dengan tetap bertahan di sepuluh besar. The Doctor berhasil membuat putaran terbaik 1 menit 40,520 detik yang menempatkannya di peringkat ke-7.

Hasil berbeda diraih rekan setimnya, Maverick Vinales, yang gagal masuk 10 besar FP. Ia hanya membuat catatan waktu terbaik 1 menit 40,847 detik yang menempatkannya di posisi 14 FP2.


Selain Rossi, Alex Rins, berhasil mempertahankan peringkat 10 besar pencatat waktu terbaik. Pembalap Suzuki ECSTAR itu menempati posisi 10, yang meneruskan hasil lumayan yang ia buat sejak sesi FP1.

Hasil kurang memuaskan justru diraih oleh Marc Marqiuez, setelah hanya menempati peringkat ke-17 pencetak waktu terbaik. Padahal, di sesi sebelumnya yakni FP1, Baby Alien berhasil menjadi pencetak waktu terbaik. Ia pun mesti memperbaiki catatan waktunya di latihan bebas 3, yang akan berlangsung pada Sabtu (15/6/2019), jika tidak ingin gagal lolos langsung ke kualifikasi tahap 2 (Q2).

Hasil kurang memuaskan juga diraih oleh rekan setimnya, Jorge Lorenzo, setelah kembali gagal masuk 10 besar. Untuk kesekian kalinya, X-Fuera terancam tak dapat lolos langsung ke kualifikasi tahap 2 di musim 2019.

Hal ini pun kian mempertegas kesulitan yang dialami oleh juara dunia 3 kali itu bersama Honda sejak awal musim, kendati ia sempat mengunjungi pabrik Honda di Jepang, demi menemukan setting yang pas untuk motornya.

Di seri Catalunya pun setting motor Lorenzo, khususnya ergonomi, telah disesuaikan dengan keinginannya. Namun, pembalap 33 tahun itu belum menunjukkan performa yang menjanjikan di 2 sesi latihan bebas MotoGP Catalunya.


Baca juga artikel terkait MOTOGP 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Otomotif)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Permadi Suntama