Hasil Liga Inggris: Wolves Menang Dramatis, Diogo Jota Hattrick

Oleh: Audy Muhammad Lanta - 20 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tujuh gol tercipta di Stadion Molineux pada laga Wolves vs Leicester City, tiga di antaranya diciptakan Diogo Jota.
tirto.id - Woverhampton menang dramatis 4-3 atas Leicester City dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-23 di Stadion Molineux, Sabtu (19/1/2019). Diogo Jota mengemas hattrick di laga ini sekaligus jadi pahlawan tuan rumah.

Hingga masa injury time babak kedua, kedudukan masih menunjukkan skor 3-3. Jota pada menit ke-90+3 mengemas gol ketiganya di laga ini. Sebelumnya, ia mencetak gol pada menit ke-4 dan ke-64. Satu gol sisa dihasilkan oleh Ryan Bennett pada menit ke-12.

Adapun tiga gol dari Leicester City masing-masing diciptakan oleh Demarai Gray (47') dan Wes Morgan (87'). Sisanya, merupakan gol bunuh diri dari pemain Wolves, Conor Coady pada menit ke-51.

Data dan Fakta Wolves vs Leicester

Menurut Opta, Jota merupakan pemain Wolves pertama yang mencetak hattrick sejak masa John Ricards pada Oktober 1977. Menariknya, Ricards pada saat itu juga membukukan tiga gol ke gawang Leicester City. Atas penampilan gemilangnya, Whoscored tak ragu mengganjar Jota rating 9,16.

Masih terkait Jota, menurut Squawka, ia merupakan pemain Portugal kedua yang berhasil mencetak hattrick di Liga Inggris setelah Cristiano Ronaldo (Manchester United). Adapun hattrick Jota pertama tercipta pada Oktober 2016 saat masih menjadi penggawa Porto.

Sementara untuk statistik penampilannya, menurut Whoscored, Jota menyentuh bola sebanyak 47 kali, 17 kali sukses melakukan umpan, dan melesatkan 4 tembakan ke gawang Leicester City, yang 3 di antaranya berbuah gol. Ia juga tercatat 3 kali memenangkan duel udara.

Rekan Jota, Ryan Bennett, terkait golnya di laga kontra Leicester City, menjadi pemain Inggris pertama yang mencetak gol untuk Wolves di Liga Inggris musim ini.

Joao Moutinho, terkait 2 assist-nya di laga ini, merupakan pemain Wolves pertama yang menghasilkan 2 assist di Liga Inggris. Catatan ini terakhir ditorahkan oleh Kevin Doyle, saat melawan Swansea pada April 2012.

Adapun Conor Coady tercatat sebagai pemain kesembilan yang mencetak 2 gol bunuh diri beruntun di Liga Inggris sekaligus yang pertama sejak Leighton Baines pada Oktober 2012.

Terakhir, Wolves mencetak lebih banyak gol pada menit ke-90 atau lebih lambat dari tim lain di Liga Inggris musim ini.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Audy Muhammad Lanta
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Audy Muhammad Lanta
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Audy Muhammad Lanta