Hasil MU vs Brighton di Liga Inggris: Naik ke Peringkat Lima

Oleh: Hendi Abdurahman - 19 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Manchester United meraih kemenangan keenamnya secara beruntun di Liga Inggris usai kalahkan Brighton di pekan 23 dengan skor 2-1.
tirto.id - Skor 2-1 menjadi hasil akhir laga Manchester United vs Brighton dalam lanjutan Liga Inggris pekan 23 yang dihelat di Stadion Old Trafford, Sabtu (19/1/2019). Dua gol tuan rumah tercatat atas nama Paul Pogba dan Marcus Rashford, sedangkan satu gol balasan tim tamu diciptakan Pascal Gross.

Hingga artikel ini diunggah, The Red Devils naik satu peringkat ke posisi kelima lantaran Arsenal baru akan bermain melawan Chelsea setengah jam kemudian. Skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer kini mengumpulkan poin 44 hasil dari 13 kali menang, lima kali seri, dan lima kali kalah.

Sementara bagi Brighton, kekalahan dalam laga ini membuat Glenn Murray tertahan di posisi 13 dengan raihan poin 26. Dalam 23 laga, The Seagulls membukukan tujuh kali menang, lima kali seri, dan sebelas kali kalah.

Menekan sejak awal pertandingan, Manchester United baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-27 usai Paul Pogba mencetak gol lewat tendangan penalti. Sepakan 12 pas diberikan wasit setelah pemain asal Perancis tersebut dilanggar Gaetan Bong. Skor pun berubah 1-0.

Brighton tak tinggal diam. Glenn Murray mengancam gawang David De Gea pada menit 35. Mendapat umpan jauh dari lini tengah, sepakan pemain berusia 35 tahun itu kelewat tinggi di atas mistar.

Saat laga sepertinya akan berakhir dengan keunggulan satu angka, Marcus Rashford akhirnya menggandakan keunggulan tuan rumah. Menerima sodoran Diogo Dalot di sisi kiri, Rashford yang berada di sudut sempit melepaskan tendangan terarah ke sudut kanan atas. Skor berubah menjadi 2-0 sekaligus menutup paruh pertama.


Di babak kedua, Paul Pogba dan kawan-kawan tidak mengurangi intensitas serangan. Namun, alih-alih memperbesar keunggulan, anak asuh Ole Gunnar Solskjaer justru kebobolan pada menit ke-72 melalui tendangan Pascal Gross yang memanfaatkan umpan Davy Propper di sisi kiri pertahanan Man United. Skor 2-1.

Tuan rumah mencoba menutup momentum tim tamu dengan terus menerus melakukan tekanan. Lima menit setelah gol Brighton, United kembali melancarkan serangan. Diawali dari sisi kiri, Marcus Rashford melakukan tendangan keras ke arah gawang Davud Button. Namun gol urung terjadi lantaran kiper berusia 29 tahun itu berada dalam posisi yang tepat.

Di sepuluh menit jelang berakhirnya pertandingan, Brighton berbalik menyerang. Beberapa peluang yang dihasilkan oleh Glenn Murray, Jurgen Locadia, dan Pascal Gross belum bisa menggetarkan gawang David De Gea lantaran lini pertahanan tuan rumah tampil rapat dan disiplin.

Sementara itu, The Red Devils hanya sesekali keluar menyerang. Lini pertahanan menjadi fokus Man United untuk mengamankan angka. Solskjaer pun membuat perubahan dengan memasukkan Matteo Darmian untuk menggantikan Marcus Rashford.

Namun, skor 2-1 tak berubah hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga. Dengan kemenangan ini, Manchester United untuk sementara naik ke posisi lima menggeser Arsenal.

Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Ashley Young, Phil Jones, Victor Lindelof, Diogo Dalot; Ander Herrera, Nemanja Matic; Jesse Lingard, Paul Pogba, Anthony Martial; Marcus Rashford.

Cadangan: Eric Bailly, Alexis Sanchez, Juan Mata, Romelu Lukaku, Andreas Pereira, Matteo Darmian, Sergio Romero.

Brighton (4-5-1): David Button; Martin Montoya, Shane Duffy, Lewis Dunk, Gaetan Bong; Solly March, Pascal Gross, Dale Stephens, Davy Propper, Jurgen Locadia; Glenn Murray.

Cadangan: Bruno, Beram Kayal, Florin Andone, Anthony Knockaert, Leon Balogun, Jason Steele, Viktor Gyokeres.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman