Liverpool vs Crystal Palace

Hasil Liga Inggris: 7 Gol Tercipta di Anfield, Salah Top Skor

Oleh: Ibnu Azis - 20 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Liverpool vs Crystal Palace dalam laga pekan ke-23 Liga Inggris berkesudahan dengan skor 4-3.
tirto.id - Liverpool amankan poin penuh usai menang 4-3 atas Crystal Palace di Anfield, Sabtu (19/1/2019). Empat dari dua gol The Reds dicetak oleh Mohamed Salah, sekaligus membuat namanya memimpin daftar top skor sementara Liga Inggris hingga pekan ke-23.

Satu dari tujuh gol di laga itu, tercipta pada babak pertama, tepatnya menit ke-34. Gol tersebut dihasilkan dari kaki kiri Andros Townsend, assist Wilfred Saha. Gelandang berkewarganegaraan Inggris ini melepaskan tendangan jarak dekat ke sudut kiri bawah gawang Alisson Becker.

Secara keseluruhan, Liverpool sebenarnya tampil cukup dominan pada babak pertama. Seturut statistik laman resmi Liga Inggris, penguasaan bola pasukan Jurgen Klopp bahkan mencapai 72 persen, dengan 10 sepakan, tapi hanya 3 yang mengarah ke gawang.

Sebaliknya, Crystal Palace yang hanya memiliki penguasaan bola 28 persen di paruh waktu, bermain sangat efektif. Buktinya, dari dua sepakan ke gawang Liverpool, satu di antaranya berbuah gol.


Pada babak kedua, Liverpool langsung tampil menekan. Pada menit ke-46, Salah berhasil menyamakan kedudukan sekaligus mencetak gol ke-15 musim ini. Julian Speroni yang tampil apik pada babak pertama, gagal mengantisipasi sepakan kaki kiri jarak dekat Salah yang mengarah pojok kanan bawah gawangnya. Skor imbang 1-1.

Gol Salah seakan membuat pasukan Jurgen Klopp mendapat momentum untuk bangkit. Tak perlu menunggu lama, 7 menit kemudian, sepakan kaki kanan Roberto Firmino mengoyak jala gawang Speroni. Menurut Opta, gol ini menjadi yang ke-1.000 Liverpool di Liga Inggris sepanjang berlaga di Anfield.

Terlalu bersemangat menyerang, Liverpool pada menit ke-65 kecolongan. Tandukan James Tomkins ke pojok kiri bawah gawang Alisson Becker berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, assist Luka Milivojevic.

Pada menit ke-72 Klopp melakukan penyegeran di lini tengah, dengan menarik Naby Keita yang digantikan Xherdan Shaqiri. Dua menit setelahnya, Liverpool kembali memimpin 3-2 berkat sepakan jarak dekat Salah. Ini menjadi gol ke-16 Salah di liga Inggris musim 2018/2019.

Opta mencatat, Salah kini sudah mengemas total 50 gol dari 72 laga di Liga Inggris. Pencapaian ini hanya kalah dari Andy Cole (65 gol), Alan Shearer (66 gol), dan Ruud van Nistelrooy (68 gol), dengan jumlah penampilan yang lebih sedikit.

Tertinggal 3-2, Roy Hodgson melakukan pergantian ganda pada menit ke-81. Max Meyer dan Connor Wickham masuk, masing-masing menggantikan James McArthur dan Connor Wickham.

Strategi ini berbuah hasil lantaran Meyer mencetak gol pada penghujung pertandingan saat skor menunjukkan 4-3. Sebelumnya, Sadio Mane sempat menambah keunggulan Liverpool menjadi 4-2 pada menit ke-90+3. Bagi Mane, ini merupakan gol ke-7 dalam seluruh penampilannya saat melawan Crystal Palace.

Sayangnya kemenangan 4-3 Liverpool atas Crystal Palace dicederai dengan diusirnya James Milner pada menit ke-89 usai menerima kartu kuning kedua. Sebelumnya, gelandang berkewarganegaraan Inggris ini sudah menerima kartu pertama pada menit ke-82.

Atas kemenangan ini Liverpool kian kukuh di puncak klasemen sementara Liga Inggris hingga pekan ke-23, mengemas 60 poin terpaut 7 angka dari Manchester City di peringkat ke-2. Kendati kalah, posisi Crystal Palace tak beranjak, masih di peringkat ke-14 mengemas 22 poin.

Berikut ini susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Inggris.

Liverpool: Alisson Becker; James Milner, Virgil Van Dijk, Joel Matip, Andrew Robertson; Fabinho (Adam Lallana 87'), Jordan Henderson, Naby Keita (Xherdan Shaqiri 72'); Sadio Mane, Mohamed Salah (Rafael Camacho 90+4'), Roberto Firmino.

Crystal Palace: Julian Speroni; Aaron Wan-Bissaka, James Tomkins, Mamadou Sakho, Patrick Van Aanholt; Andros Townsend, James McArthur (Max Meyer 81'), Luka Milivojevic, Cheikhou Kouyate (Jeffrey Schlupp 75'), Wilfried Zaha; Jordan Ayew (Connor Wickham 81').

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis