Hasil Kroasia vs Azerbaijan Skor Akhir 2-1 di Kualifikasi Euro 2020

Oleh: Wan Faizal - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-1 menjadi hasil Kroasia vs Azerbaijan di Kualifikasi Euro 2020 pada Jumat (22/3/2019).
tirto.id - Kroasia hanya bisa menang tipis dengan skor 2-1 ketika menjamu Azerbaijan dalam laga perdana mereka di Kualifikasi Euro 2020 di Stadion Maksimir, Zagreb, Jumat (22/3/2019) dini hari WIB. Andrej Kramaric muncul sebagai pahlawan tuan rumah dengan gol kemenangan pada menit 79.

Selain di lini belakang yang memainkan beberapa muka baru, Kroasia sama sekali tak berubah dengan tetap mengandalkan pemain seperti Luka Modric, Ivan Perisic, atau Mateo Kovacic di lini tengah. Sektor depan diisi muka baru seperti Bruno Petkovic yang dipercaya Zlatko Dalic bermain sejak awal di pertandingan penting ini.

Kroasia langsung bisa mendominasi laga sejak menit awal. Ada dua peluang yang bisa mereka hasilkan melalui Kramaric dan Petkovic namun eksekusi keduanya masih tidak menghasilkan gol. Azerbaijan juga sempat memberikan ancaman pada menit 13 melalui tembakan Ramil Sheydaev yang mampu dihadang oleh Lovre Kalinic.

Kejutan terjadi di menit 19 ketika tim tamu sukses mencuri keunggulan. Akselerasi Sheydaev di sisi kanan gagal dihentikan oleh para pemain Kroasia dan diakhiri dengan tembakan keras ke sudut gawang. Tak ada yang bisa dilakukan Kalinic melihat derasnya laju bola.

Kroasia harus menjalani jalan terjal karena kemudian Azerbaijan bermain agak bertahan. Sejumlah peluang sebenarnya bisa dihasilkan oleh tuan rumah guna bisa menyamakan kedudukan. Namun gol penyama yang mereka cari baru lahir di menit 44 melalui bek kiri mereka, Borna Barisic.

Gol berawal dari sebuah tendangan penjuru yang disambar Duje Caleta-Car namun bisa ditepis oleh Salahat Agayev. Sial bagi Azerbaijan karena bola rebound jatuh tepat di kaki Barisic yang mudah saja menyontek bola masuk ke dalam gawang.



Bisa menyamakan skor membuat serangan Kroasia lebih agresif ke pertahanan Azerbaijan di babak kedua. Ada tandukan Caleta-Car yang melambung dari gawang pada menit 47. Disusul semenit kemudian kala tembakan Kramaric bisa diamankan oleh Agayev. Peluang berikutnya lahir melalui bek kanan Josip Brekalo namun tendangannya hanya melebar ke sisi gawang Azerbaijan.

Untuk meningkatkan permainan, Dalic memasukkan Ante Rebic menggantikan Petkovic dan disusul keluarnya Mateo Kovacic guna memberi tempat pada Nikola Vlasic. Permainan Kroasia yang sudah mulai panas semakin menjadi-jadi dan serangan mereka bergulir terus ke pertahanan Azerbaijan hingga akhirnya lahir gol kemenangan di menit 79.

Gol tersebut lahir atas nama Kramaric. Sang striker yang berada di sisi kiri mampu melakukan satu tekukan untuk mengecoh bek Azerbaijan dan mengakhiri peluang tersebut dengan tembakan melengkung ke tiang jauh yang gagal dibendung Agayev. Skor 2-1 bertahan sampai usainya laga dan Kroasia bisa bernapas lega karena tuntutan menang di laga ini bisa direalisasikan.



Pencetak Gol: Barisic 44’, Kramaric 79’ / Sheydaev 19’

Susunan Pemain:

Kroasia: Lovre Kalinic; Josip Brekalo, Duje Caleta-Car, Domagoj Vida, Borna Barisic; Luka Modric, Mateo Kovacic (Nikola Vlasic 73’); Ivan Rakitic, Ivan Perisic, Andrej Kramaric; Bruno Petkovic (Ante Rebic 69’)

Azerbaijan: Salahat Agayev; Maksim Medvedev, Rahil Mammadov, Badavi Guseynov, Shahriyar Rahimov; Gara Garayev (Rufat Dadasov 88’); Eddy Israfilov, Richard Almeida (Emin Makhmudov 72’), Mahir Madatov, Dimitrij Nazarov (Araz Abdullayev 58’); Ramil Sheydaev

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal