Hasil Korsel vs Bahrain: Gol Telat di Babak Pertama

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Korea Selatan baru mampu mencetak angka pada menit ke-43 melalui Hwang Hee-Chan, skor babak pertama pun berkesudahan 1-0 untuk keunggulan Taegeuk Warriors.
tirto.id - Skor 1-0 menjadi hasil babak pertama antara Korsel vs Bahrain pada babak 16 besar Piala Asia 2019 yang digelar di Stadion Al-Rashid, Selasa (22/1/2019). Solid dan rapatnya lini belakang Al Ahmar membuat Korea Selatan baru mampu mencetak gol pada menit 43 melalui sepakan Hwang Hee-Chan.

Pelatih Paulo Bento turun dengan skuat terbaik. Memakai patron 4-2-3-1, penyerang yang telah mencetak dua gol dalam tiga pertandingan di babak penyisihan grup, Hwang Ui-Jo kembali diandalkan di lini depan. Sementara bintang asal klub Tottenham, Son Heung-Min ditugasi sebagai penopang di lini tengah.

Di lain pihak, Bahrain juga menampilkan skuat tak kalah garang. Dua pemain yang turut menyumbang gol di babak penyisihan grup, Jamal Rashed dan Mohamed Al Romaihi kembali mengisi susunan starting eleven guna membongkar lini pertahanan Korsel yang sejauh ini belum pernah kebobolan.

Peluang pertama yang cukup membahayakan didapat Bahrain pada menit kesepuluh. Mendapat ruang tembak di luar kotak penalti, Sayed Reda Issa melakukan sepakan yang mengarah ke gawang. Namun, tendangannya masih bisa diamankan Kim Seung-Gyu.

Korea Selatan tampil mendominasi. Hingga waktu menunjukkan menit ke-30, serangan dari berbagai arah dilancarkan Son Heung-Min dan kawan-kawan. Sebaliknya, lini pertahanan Bahrain tampil solid. Mereka mampu menggalang lini pertahanan dengan cukup baik.

Saat babak pertama seolah akan berakhir tanpa gol, Hwang Hee-Chan akhirnya memecah kebuntuan dua menit jelang paruh pertama usai.

Berawal dari pergerakan Lee Yong di sisi kanan, pemain berusia 32 tahun itu melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Sempat ditepis Sayed Shubbar, bola lantas mengarah kepada Hwang Hee-Chan. Tanpa ampun, pemain bernomor punggung 11 itu melakukan sepakan ke gawang yang telah kosong sehingga mengubah keadaan. Skor 1-0.

Gol Hwang Hee-Chan menjadi satu-satunya yang tercipta karena tak lama kemudian, wasit Ryuji Sato asal Jepang meniupkan peluit tanda berakhirnya paruh pertama.

Susunan Pemain

Korea Selatan: Kim Seung-Gyu; Kim Young-Gwon; Hong Chul; Lee Yong; Kim Min-Jae; Lee Chung-Yong; Jung Woo-Young; Hwang In-Beom; Son Heung-Min; Hwang Ui-Jo; Hwang Hee-Chan.

Pelatih: Paulo Bento

Bahrain: Sayed Shubbar; Waleed Al Hayam; Hamad Al Shamsan; Jamal Rashed; Sayed Dhiya; Abdulwahab Ali; Ali Madan; Sayed Reda Issa; Mohamed Jasim Marhoon; Mohamed Al Romaihi; Kamil Al Aswad.

Pelatih: Miroslav Soukup

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight