Kualifikasi Euro 2020

Hasil Italia vs Bosnia: Azzurri Menang Berkat Gol Telat Verratti

Oleh: Gilang Ramadhan - 12 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 2-1 menjadi hasil Italia vs Bosnia dalam laga lanjutan kualifikasi Euro 2020 Grup J yang berlangsung pada Rabu (12/6/2019) di Allianz Stadium, Turin.
tirto.id - Hasil Italia vs Bosnia dalam pertandingan kualifikasi Euro 2020 Grup J berkesudahan dengan skor akhir 2-1. Bertanding di Allianz Stadium pada Rabu (12/6/2019), Gli Azzurri berhasil menambah koleksi 3 poin berkat gol telat Marco Verratti pada menit 86 setelah tertinggal leblh dulu di babak pertama.

Tuan rumah menurunkan Fabio Quagliarella sebagai penyerang tunggal dengan ditopang Lorenzo Insigne dan Federico Bernrdeschi dari lini sayap. Sementara tim tamu Bosnia mengandalkan Miralem Pjanic dan Edin Dzeko.

Pertandingan baru berlangsung 3 menit, Fabio Quagliarella mencoba melakukan tendangan jarak jauh. Tetapi sepakan mendatar bomber Sampdoria tersebut masih melenceng tipis dari sisi kiri gawang Ibrahim Sehic.

Bosnia hampir unggul terlebih dulu pada menit 18 ketika Edin Visca mendapat ruang tembak di ujung kotak penalti usai menyambut terobosan Edin Dzeko. Namun Leonardo Bonucci mampu melakukan tekel apik yang membuat arah bola berbelok.

Melalui serangan balik cepat pada menit 32, Bosnia berhasil unggul lebih dulu dari tuan rumah. Muhamed Besic dengan cermat mengirim umpan terobosan kepada Edin Visca yang mendapat ruang terbuka melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Bola kemudian disambar Edin Dzeko menggetarkan jala gawang Salvatore Sirigu.

Quagliarella hampir membuat skor imbang pada menit 42 andai sepakan mendatarnya ke sisi kanan bawah gawang tak mampu ditepis Ibrahim Sehic. Skor 1-0 untuk Bosnia bertahan hingga turun minum.

Di paruh kedua, Italia yang berusaha melanjutkan start sempurna memulai laga dengan agresif. Lima menit babak kedua berlangsung, Lorenzo Insigne sukses menyamakan skor. Sepakan voli Insigne meneruskan sepak pojok Federico Bernardeschi melaju deras ke gawang Bosnia.

Pada menit ke-57, Edin Visca hampir membuat Bosnia kembali unggul. Beruntung bagi Italia, tendangan lambung Visca ke tiang jauh dari luar kotak penalti masih mampu dimentahkan dengan baik oleh Salvatore Sirigu.



Kembali dari situasi sepak pojok pada menit 72, Federico Bernardeschi mengirim bola ke tengah area kotak penalti. Kali Giorgio Chiellini mampu menyambar bola dengan kepalanya, tetapi arah bola mengarah tepat ke pelukan kiper Bosnia, Ibrahim Sehic.

Empat di sisa waktu normal, Lorenzo Insigne melakukan pergerakan menusuk di sisi kanan pertahanan Bosnia dan berhasil mengirim umpan kepada Marco Verratti di dalam kotak penalti. Denga sekali kontrol, gelandang PSG itu melepaskan tendangan mendatar ke sudut kanan bawah gawang yang membuat Sehic mati langkah. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan

Hingga pertandingan berakhir, skor tidak berubah. Italia berhasil melanjutkan rekor 100% kemenangan di Grup J dari 4 pertandingan terakhir dan kokoh di puncak klasemen. Akan tetapi, mereka gagal melanjutkan catatan 3 clean sheet sebelumnya.

Dari catatan statistik, tuan rumah menorehkan 13 peluang, 8 di antaranya mengarah ke gawang dari total 65% penguasaan bola. Sementara Bosnia memiliki 3 tendangan tepat sasaran dari 9 percobaan.

Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Salvatore Sirigu; Gianluca Mancini (M. De Sciglio 66'), Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson Palmieri; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Bernardeschi (Andrea Belotti 81'), Fabio Quagliarella (Federico Chiesa 46'), Lorenzo Insigne.

Bosnia (4-3-3): Ibrahim Sehic; Darko Todorovic, Ermin Bicakcic, Ervin Zukanovic, Eldar Civic (B. Nastic 72'); Muhamed Besic, Miralem Pjanic, Elvis Saric; Edin Visca, Edin Dzeko, Amer Gojak (G. Cimirot 81').

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus