SEA Games 2022

Hasil Indonesia vs Filipina Skor 4-0: Klasemen Timnas U23 SEAG 2022

Penulis: Iswara N Raditya - 13 Mei 2022 18:12 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Hasil Timnas U23 Indonesia vs Filipina skor 4-0, Garuda Muda memimpin klasemen Grup A sepak bola SEA Games 2022 sementara.
tirto.id - Hasil Timnas U23 Indonesia vs Filipina dalam laga ke-3 Grup A sepak bola SEA Games 2022, Jumat (13/5) di Vietnam tuntas dengan skor 4-0 untuk skuad Garuda Muda. Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia U23 memimpin klasemen Grup A sementara, sedangkan Filipina turun ke urutan 4.

Dua gol masing-masing tercipta rata di babak pertama dan kedua untuk Timnas Indonesia U23. Muhammad Ridwan dan Rizky Ridho mencatatkan nama di papan skor hingga turun minum berkat gol ke gawang Filipina yang terjadi pada menit 18 dan 44.

Di babak kedua, kemenangan Indonesia dimantapkan oleh sontekan Egy Maulana Vikri pada menit 73 dan eksekusi penalti yang sukses dilaksanakan oleh Marcelino Ferdinand pada menit 83. Penalti diberikan setelah Ronaldo Kwateh dilanggar pemain Filipina di area terlarang.

Jalannya Pertandingan Timnas U23 Indonesia vs Filipina SEA Games 2022

Gol pertama tercipta pada menit 18 babak pertama. Egy Maulana Vikri merangsek ke area belakang Filipina dengan cerdik mengirim umpan mendatar ke depan gawang. Muhammad Ridwan langsung mencocor bola dan gol!

Menit 35, Timnas Indonesia U23 mendapat kans menambah gol. Hanya saja, tendangan Muhammad Ridwan yang menembak dari depan gawang Filipina masih sedikit melenceng sehingga tidak mengubah apa pun.

Indonesia akhirnya memperbesar keunggulan jelang babak pertama tuntas pada menit 44. Bermula dari tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Filipina, bola yang mengarah ke depan gawang lawan langsung ditanduk dengan manis oleh Rizky Ridho.

Pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong, menggantikan Muhammad Ridwan yang mencetak gol pembuka Garuda Muda dengan Irfan Jauhari sejak babak kedua dimulai. Begitu pula dengan Syahrian Abimanyu untuk digantikan oleh Marselino Ferdinan.


Filipina yang tertinggal 2 gol mencoba mengejar dengan menggeber serangan. Beberapa peluang pun sempat membahayakan gawang Indonesia melalui Jovin Bedic, Dennis Chung, maupun Oliver Bias. Namun semuanya gagal menjadi gol.

Menit 59, Asnawi Mangkualam yang telah mendapatkan kartu kuning ditarik keluar dan digantikan oleh Rio Fahmi. Sang pemain pengganti langsung menciptakan peluang pada menit 62, namun tendangannya masih belum tepat sasaran.

Gawang Filipina akhirnya bergetar lagi pada menit 73. Gol Egy Maulana Vikri mengubah skor menjadi 3-0 untuk Timnas Indonesia U23 setelah memaksimalkan sodoran cantik dari Irfan Jauhari. Garuda Muda semakin jauh meninggalkan The Young Azkals.

Wasit menunjuk titik putih pada menit 83 setelah Ronaldo Kwateh yang baru saja masuk menggantikan Egy Maulana Vikri dilanggar di area terlarang Filipina. Marselino Ferdinan yang maju sebagai eksekutor sukses menambah gol dari penalti untuk Indonesia.

Skor 4-0 ternyata menjadi hasil pertandingan antara Timnas U23 Indonesia vs Vietnam di laga Grup A SEA Games 2022 Vietnam yang tentu saja membuka lebar peluang skuad asuhan Shin Tae-yong untuk melaju ke semifinal.


Hasil Timnas U23 Indonesia vs Filipina di SEA Games 2022

Skor akhir: Indonesia 4-0 Filipina

Pencetak Gol: [Indonesia] Muhammad Ridwan ’18, Rizky Ridho ’44, Egy Maulana Vikri ’73, Marcelino Ferdinand ’83 (pen.)

Susunan Pemain Timnas u23 Indonesia vs Filipina


Indonesia U23 (4-3-3):
Ernando Ari, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam (Rio Fahmi 60'), Syahrian Abimanyu (Marselino Ferdinan 46'), Ricky Kambuaya, Marc Klok (Rachmat Irianto 81'), Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri (Ronaldo Kwateh 81'), Muhammad Ridwan (Irfan Jauhari 46').

Filipina U23 (4-5-1): Quincy Kammeraad,Quincy Kammeraad; Christian Rontini, Enrique Linares, Jaime Rosquillo, Miguel Mendoza; Oliver Bias, Oskari Kekkonen, Scott Woods, Dennis Chung, Yrick Gallantes; Jovin Bedic.

Klasemen Grup A Sementara Sepak Bola SEA Games 2022

Kemenangan telak 4-0 atas Filipina membawa Timnas Indonesia U23 memuncaki klasemen sementara Grup A cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2022 dengan koleksi 6 gol, sama dengan Myanmar di urutan kedua namun kalah selisih gol dari Garuda Muda. Hanya saja, Myanmar baru bermain 2 kali, Indonesia 3 kali.

Sedangkan Filipina yang semula berada di posisi kedua harus rela turun ke peringkat 4 akibat kekalahan empat gol tanpa balas dari Indonesia. The Young Azkals dipastikan gagal lolos ke semifinal lantaran sudah memainkan 4 pertandingan.

Berikut ini klasemen Grup A usai laga Indonesia vs Filipina:


No Tim M M S K SG P
1 Indonesia 3 2 0 1 +4 6
2 Myanmar 2 2 0 0 +2 6
3 Vietnam 2 1 1 0 +3 4
4 Filipina 4 1 1 2 -4 4
5 Timor-Leste 3 0 0 3 −8 0

Baca juga artikel terkait HASIL TIMNAS INDONESIA VS FILIPINA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Addi M Idhom

DarkLight