Hasil Drawing EURO 2024: Spanyol & Italia Masuk Grup Neraka!

Penulis: Fitra Firdaus, tirto.id - 3 Des 2023 01:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Hasil drawing EURO 2024: Spanyol, Italia, dan Kroasia masuk Grup B alias grup neraka. Cek daftar negara lolos EURO 2024 dan hasil undian pembagian grup.
tirto.id - Hasil drawing EURO 2024 yang berlangsung di Elbphilharmonie, Hamburg, Jerman pada Minggu, 3 Desember 2023 memastikan terciptanya grup neraka di Grup B. Pasalnya, di grup tersebut ada Spanyol, Italia, Kroasia, dan kuda hitam Albania. Selain itu, dalam pembagian grup Piala Eropa 2024, persaingan sengit bakal terjadi di Grup D dan F.

Dalam hasil undian EURO 2024, Jerman sebagai tuan rumah, otomatis masuk Grup A. Mereka akan menghadapi Hongaria yang di babak kualifikasi keluar sebagai juara Grup G. Lawan berikutnya adalah Skotlandia yang lolos ke putaran final EURO untuk keempat kalinya. Terakhir, ada Swiss yang tidak bisa diremehkan.

Sementara itu, Spanyol yang menjalani kualifikasi dengan catatan 21 poin dari 8 pertandingan, masuk di Grup B. Mereka bakal menjajal kekuatan Kroasia yang bakal tampil di EURO untuk ketujuh kalinya. Masih ada Albania yang pernah sekali berlaga di putaran final Piala Eropa pada 2016. Puncaknya, Italia yang dalam pot ada di pot 4, meramaikan Grup B.

Sang runner-up EURO 2020, Inggris, diundi ke Grup C. Lawan The Three Lions adalah Denmark, juara EURO 1992. Masih ada Serbia dan Slovenia yang berpotensi merepotkan Inggris untuk mimpi mereka mencari gelar Piala Eropa pertama.

Prancis ada di Grup D. Les Bleus yang pernah juara EURO 1984 dan 2000 menghadapi lawan-lawan yang tidak mudah. Yang punya sejarah besar tentu Belanda, sang juara EURO 1988. Masih ada Austria, ditambah juara play-off Path A, atau salah satu dari Wales, Finlandia, Polandia, atau Estonia.

Portugal, sang juara EURO 2016 yang melalui kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan rekor 100 persen (10 kemenangan dari 10 laga), masuk Grup F. Namun, Selecao menghadapi lawan yang tangguh. Pasalnya, ada Turki, yang di kualifikasi bisa mendapatkan peringkat lebih atas daripada Kroasia dan Wales.

Selain itu, Grup F juga diisi oleh Ceko dengan pengalaman lolos ke putaran final EURO sebanyak 11 kali termasuk di Piala Eropa 2024. Terakhir, Grup F dihuni oleh juara Path C, atau salah satu dari Georgia, Luksemburg, Yunani, atau Kazakhstan.


Hasil Drawing EURO 2024 dan Pembagian Grup




Berikut ini hasil drawing EURO 2024 dan pembagian grup A, B, C, D, E, hingga F.

GRUP A
Jerman
Skotlandia
Hongaria
Swiss

GRUP B
Spanyol
Kroasia
Italia
Albania

GRUP C
Slovenia
Denmark
Serbia
Inggris

GRUP D
Juara Play-off Path A (Wales, Finlandia, Polandia, atau Estonia)
Belanda
Austria
Prancis

GRUP E
Belgia
Slovakia
Rumania
Juara Play-off Path B (Bosnia, Ukraina, Israel, atau Islandia)

GRUP F
Turki
Juara Play-off Path C (Georgia, Luksemburg, Yunani, atau Kazakhstan)
Portugal
Ceko



Penentuan pot EURO 2024 didasarkan pada penampilan seluruh tim yang lolos sepanjang kualifikasi Piala Eropa. Terdapat 4 pot, dan setiap pot terdiri dari 6 negara. Dengan demikian, setiap grup akan diisi oleh 4 tim dari pot yang berbeda, yaitu dari pot 1, pot 2, pot 3, hingga pot 4.

Jerman, yang berstatus tuan rumah, otomatis masuk di pot 1, dan bergabung ke Grup A. Negara lain yang masuk pot 1 adalah para juara grup kualifikasi EURO 2024 dengan prestasi terbaik pertama hingga kelima. Tim-tim tersebut adalah Portugal, Prancis, Spanyol, Belgia, dan Inggris.

Sementara itu, pot 2 terdiri dari 2 kubu. Yang pertama, juara grup kualifikasi EURO 2024 dengan prestasi terbaik keenam hingga 10 (5 tim). Mereka ditambah 1 runner-up kualifikasi Piala Eropa dengan prestasi terbaik. Tim yang mengisi pot 2 adalah Hungaria,Turki, Rumania, Denmark, Albania, dan Austria.

Berikutnya, pot 3 diisi oleh 6 runner-up grup kualifikasi Piala Eropa dengan prestasi terbaik kedua hingga 7. Mereka adalah Belanda, Skotlandia, Kroasia, Slovenia, Slovakia, dan Republik Ceko.

Terakhir, tim yang mengisi pot 4 datang dari 2 kubu. Pertama, runner-up kualifikasi EURO 2024 dengan prestasi terbaik ke-8 hingga 10. Yang kedua, 3 tim yang memenangi babak play off path A, B, dan C. Peserta pot 4 adalah Italia, Serbia, dan Swiss. Sisanya masih ditentukan dari babak play-off pada 21 dan 26 Maret 2024.

EURO 2024 dengan slogan 'Vereint im Herzen Europas' akan digelar di Jerman. Pembukaan turnamen 4 tahunan ini akan berlangsung pada 14 Juni 2024, dengan laga final yang dimainkan pada 14 Juli 2024.

Terdapat 10 venue yang ada di 10 kota Jerman untuk EURO 2024, yaitu Olympiastadion (Berlin), Fussball Arena (Munchen), BVB Stadion (Dortmund), Stuttgart Arena (Stuttgart), Arena AufSchalke (Gelsenkirchen) Frankfurt Arena (Frankfurt), Volksparkstadion (Hamburg), Dusseldorf Arena (Dusseldorf), Stadion Cologne (Cologne), dan Stadion Leipzig (Leipzig).

Baca juga artikel terkait EURO 2024 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight