Hari Perempuan Internasional dalam Ilustrasi Kaveri Gopalakrishnan

Oleh: Yulaika Ramadhani - 8 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
On the Roof, karya Kaveri Gopalakrishnan masuk di Google Doodle hari ini dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional
tirto.id - Kaveri Gopalakrishnan, pembuat komik dan ilustrator independen dari Bengaluru adalah
salah satu seniman yang karyanya telah ditampilkan di Google Doodle pada hari ini, Kamis (8/3/2018). Ia bersama 11 perempuan yang lain dipilih Google Doodle dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (IWD).

Karya Kaveri Gopalakrishnan adalah On the Roof, sebuah komik tentang seorang gadis muda yang membaca buku di atap rumahnya.

Ilustrator yang juga pendiri UrbanLoreComics.com, mengatakan kepada Firstpost bahwa atap rumah merupakan tempat persembunyian, di mana dia akan bermalas-malasan dengan minuman musim panas dan tentu saja, setumpuk buku besar. Dia mengistilahkan karyanya sebagai "adegan-adegan dari sebuah film animasi yang multi-sensorial".

Kaveri pernah mengerjakan komik digital adaptasi film Hindi Dangal dan terlibat dalam proyek pembuatan kumpulan buku gambar edukasi untuk Pratham StoryWeaver, sebuah platform literatusi anak-anak, dan penggambaran sampul buku untuk novel dewasa.

Kaveri bercerita mengenai pihak Google yang mengajaknya untuk memasukkan karyanya dalam memperingati Hari Perempuan Internasional 2018.

"Saya sudah lama ingin membuat lebih banyak cerita berdasarkan hal-hal yang saya rasakan saat masih kecil. Tim Google mengajak bergabung dan memberikan brief tema "Pertumbuhan". Saya segera membayangkan makhluk kecil yang tumbuh menjadi makhluk yang besar, kuat dan misterius setelah diberi 'makan buku'," kisahnya.

Karya Gopalakrishnan telah diterbitkan dalam buku-buku, di antaranya adalah Elephant In The Room (2013), Drawing The Line (2015), dan First Hand (antologi grafis non-fiksi India pertama, 2016). Novel grafis pertamanya, Two, diluncurkan pada bulan Januari tahun 2017.


Kaveri mengaku terdapat banyak sekali buku yang menginspirasinya. Dia tertarik dengan buku-buku yang bisa membawanya ke dunia lain atau yang dia istilahkan dengan buku-buku multi-sensorial.
Dia menyebutkan di antaranya, The Magic Faraway Tree karya Enid Blyton, karya-karya terjemahan Katha Inner Courtyard stories, puisi-puisi Ted Hughes/WH Auden, novel grafis The Fountain, Lord of the Rings, dan the Left Hand of Darkness karya Ursula LeGuin.

Terhadap Hari Perempuan Internasional, Kaveri menyampaikan harapannya terkait seniman perempuan dalam industri seni.

"Saya hanya ingin seni yang bagus dilihat sebagai seni yang bagus, dan komik ditulis dengan baik, dan gender menjadi subteks dan bukan satu-satunya konteks. Inilah yang paling ideal yang haru bisa kita dorong," ungkapnya.

Berikut daftar lengkap seniman perempuan yang terlibat dalam proyek Google Doodle hari ini:

1. Anna Haifisch – “Nov 1989”

2. Chihiro Takeuchi – “Ages and Stages”

3. Estelí Meza – “My Aunt Blossoms”

4. Francesca Sanna – “The Box”

5. Isuri – “Aarthi the Amazing”

6. Karabo Poppy Moletsane – “Ntsoaki’s Victory”

7. Kaveri Gopalakrishnan – “Up on the Roof”

8. Laerte – “Love”

9. Philippa Rice – “Trust”

10. Saffa Khan – “Homeland”

11. Tillie Walden – “Minutes”

12. Tunalaya Dunn – “Inwards”




Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Humaniora)

Reporter: Yulaika Ramadhani
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight