Hari Ibu 2020 & Daftar Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Masa Pandemi

Oleh: Balqis Fallahnda - 18 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hari Ibu 2020 dan daftar kegiatan yang bisa dilakukan selama masa Pandemi COVID-19.
tirto.id - Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember dan tahun ini, hari spesial untuk para ibu sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam suasana Pandemi COVID-19.

Meski begitu, bukan berarti kita tidak dapat merayakan Hari ibu dengan menyenangkan. Ada banyak ide yang dapat dilakukan di rumah untuk wanita yang paling berharga dan berpengaruh di kehidupan kita ini.

Berikut ide kegiatan yang bisa dilakukan saat perayaan Hari Ibu 2020 di masa pandemi dihimpun dari Koinonia Family Services dan Education Quest Foundation.

1. Berkemah di halaman belakang rumah

Bagi ibu yang menyukai alam bebas, berkemah bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan Hari.

Berkemah biasanya melibatkan aktivitas santai seperti membaca, tidur siang, atau bermain permainan kartu.

Jangan lupa untuk menyertakan ritual malam api unggun, musik, dan s'mores. Kalian dapat melihat bintang bersama atau bahkan menonton film di proyektor di luar ruangan.

2. Kerajinan

Kerajinan bisa menjadi kegiatan Hari Ibu yang bisa dinikmati seluruh keluarga. Misalnya, membuat scrapbook, melukis, menghias kue, kalian bahkan dapat membuat kerajinan khusus untuk diberikan kepada ibu sebagai hadiah Hari Ibu.

3. Produktif

Apakah ada pekerjaan di sekitar rumah yang ingin diselesaikan ibu? kalian bisa memberinya kejutan dengan menyelesaikannya.

Jika tidak ada hal yang bisa dilakukan, membersihkan rumah selalu merupakan cara yang bagus untuk mewujudkan perhatian dan cinta kepada Ibu.

4. Restoran Bintang Lima

Karena tidak bisa mengajak Ibu keluar pada Hari Ibu tahun ini, cobalah untuk menyeting salah satu restoran favorit Ibu di dalam rumah.

Hiasi ruang makan dan ciptakan suasana dengan pencahayaan dan musik khusus. Berikan sentuhan spesial dengan membuat menu dan mencatat pesanannya layaknya pelayanan di restoran.

5. Memasak bersama

Aktivitas memasak bersama dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan Ibu.

Ini juga akan membuat ikatan kalian semakin erat. Sebagian orang mungkin akan terbawa kenangan masa kecil saat mereka belajar memasak dan merepotkan Ibu di dapur.

Perayaan Jarak Jauh

Bagi mereka yang tidak tinggal bersama atau berdekatan dengan Ibu, tidak usah khawatir, karena ide untuk menyenangkan Ibu tidak akan pernah putus, berikut beberapa ide yang dapat dilakukan:

6. Perayaan Virtual

Saat ini, sebagian besar dari kita telah menggunakan aplikasi konferensi video untuk terhubung dengan teman dan keluarga selama masa karantina.

Mengobrol dengannya melalui daring seraya mengungkapkan betapa penting dan betapa kalian mencintainya akan membuat Hari Ibu semakin manis.

7. Mengirimkan Hadiah

Hadiah selalu menjadi pilihan untuk setiap hari spesial tak terkecuali Hari Ibu apalagi jika kalian belum dapat bertemu secara langsung.

Berikan hadiah yang Ibu sukai seperti karangan bunga dengan kartu ucapan, atau barang yang selama ini ia idam-idamkan.

8. Membuat Video

Membuat video untuk Hari Ibu adalah opsi yang bagus bagi mereka yang tinggal berjauhan, berikut ini beberapa ide-ide kreatif membuat video yang dapat dicoba:

    • Buat video musikal dengan salah satu lagu favoritnya, atau lagu yang bertemakan Ibu.
    • Bersikaplah sentimental. Buat kompilasi semua anak (dan cucu) yang berbicara tentang apa yang mereka sukai tentangnya, atau kenangan favorit mereka dengannya.
    • Video lucu juga bisa dicoba, lakukan drama komedi yang menurut kalian akan disukai ibu.


Baca juga artikel terkait HARI IBU 2020 atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Dhita Koesno
DarkLight