Rekomendasi Kado Hari Ibu 22 Desember: Fry Pan hingga Skin Care

Kontributor: Cicik Novita - 18 Des 2020 09:21 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Rekomendasi kado untuk Peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember
tirto.id - Peringatan Hari Ibu 22 Desember 2020 ini sepertinya akan jauh berbeda dibanding tahun tahun sebelumnya, disebabkan oleh pandemi corona virus.

Di Indonesia, Hari Ibu ditetapkan oleh pemerintah untuk digelar setiap tanggal 22 Desember. Ini berbeda dengan pelaksanaan Mother’s Day di luar negeri. Latar belakang sejarah penetapan tersebut, awalnya adalah karena tanggal 22 Desember merupakan saat Kongres Wanita Pertama dilaksanakan di Yogyakarta tahun 1928.

Selain Indonesia, negar-negara lain di dunia juga memperingati Hari Ibu. Dikutip dari The Telegraph, Hari Ibu di Amerika Serikat (AS) jatuh pada minggu kedua bulan Mei serta telah ditetapkan sebagai hari libur tahunan. Sama seperti di Indonesia, Hari Ibu di AS untuk memperingati peran seorang ibu yang mereka berikan kepada masyarakat dalam membesarkan anak.

Di Inggris, Hari Ibu dikenal sebagai Mothering Sunday, dan selalu jatuh pada hari Minggu keempat Prapaskah - biasanya pada akhir Maret atau awal April.

Perayaan Hari Ibu di Inggris dilakukan dengan tradisi seorang anak akan memberikan bunga, kartu ucapan, hadiah, bukan hanya kepada ibu kandung mereka, tetapi kepada nenek, ibu tiri, bahkan ibu mertua. Pada awal abad ke-20 para keluarga di sana akan berkumpul di gereja, namun akhirnya perayaan ini hanya dilakukan di rumah dengan memberikan hadiah kepada ibu mereka.

Di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Australia punya tradisi untuk mengenakan bunga anyelir berwarna putih untuk mengenang dan menghormati seorang ibu yang telah meninggal.

Sementara itu, di keluarga Afrika Selatan memanfaatkan hari tersebut untuk berterima kasih bukan hanya ibu tapi juga nenek dan wanita yang sudah mereka anggap seperti ibu.

Hari Ibu di Rusia dirayakan pada minggu terakhir bulan November dan telah ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak 1998 Perayaan ini dilakukan untuk memperingati peran orang (ibu) yang paling penting dalam kehidupan setiap orang.


Anda yang tinggal berjauhan dengan ibu, bisa saja mengirimkan kado Hari Ibu 2020 apabila tidak memungkinkan untuk hadir. Namun jika dapat memberikan secara langsung, ibu pasti akan jauh lebih bahagia menerimanya.

Berikut ini beberapa rekomendasi kado untuk Peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember, dilansir laman Business Insider:

1. Seikat bunga. Wanita umumnya menyukai bunga yang indah, tak terkecuali ibu. Memberikan seikat bunga dapat membuat ibu lebih bahagia, namun dapat juga mengganti dengan sebuah tanaman dalam pot kecil yang disukai ibu.

2. DIY stuff. Paket DIY (Do It Yourself) umumnya sangat disukai oleh kaum wanita, karena dalam paket tersebut berisi beberapa jenis barang yang dibutuhkan untuk suatu kerajinan tangan. Misalnya saja paket DIY merajut, menjahit, merangkai bunga, membuat clay, dan sebagainya.

3. Alat pijat. Peralatan pijat atau terapi pijat bisa jadi kado yang istimewa agar ibu kembali segar. Alatnya bisa berupa alat pijat listrik, sandal kesehatan, atau bahkan memanggil terapis ke rumah Anda.

4. Paket perawatan kecantikan atau skin care. Kesibukan ibu merawat anak-anak tentu membuat ia lupa merawat kecantikan. Dengan paket perawatan kecantikan hadiah dari Anda, ibu bisa kembali merawat dirinya dan jadi kado Hari Ibu yang mengesankan.

5. Album foto keluarga. Sebuah album foto kenangan berisi foto-foto Anda dan saudara-saudara, juga keluarga lainnya bisa jadi pilihan.

6. Fry pan atau peralatan memasak. Hadiah berupa fry pan atau wajan anti lengket baru pasti membuat ibu senang. Jika sudah ada, Anda bisa memilih peralatan memasak lainnya.

7. Makan bersama. Membawa ibu ke restoran yang beliau sukai juga bisa jadi pilihan. Atau bila Anda mampu memasak makanan lezat untuk ibu, hadiahkan saja beberapa jenis masakan yang beliau sukai.


Baca juga artikel terkait HARI IBU atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight