Rekomendasi Film Hari Ibu 22 Desember: Ada All About My Mother

Oleh: Yuda Prinada - 17 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Rekomendasi film Hari Ibu 22 Desember: dari OtheHood hingga All About My Mother.
tirto.id - Hari Ibu diperingati setiap 22 Desember di Indonesia. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari peringatan untuk mengenang peran perjuangan perempuan Indonesia yang ikut andil dalam perkembangan negara.

Kongres Pertama Perempuan yang diadakan pertama kali di Yogyakarta pada 22 hingga 25 Desember 1928, diklaim sebagai cikal bakal munculnya peringatan ini.

Saat ini, peringatan Hari Ibu sudah menjadi ritual tahunan di bulan terakhir bagi para perempuan di seluruh Indonesia.

Dalam memperingati Hari Ibu, terdapat film-film yang menggambarkan peran serta kehidupan sehari-hari dari seorang perempuan.

Mulai dari TV hingga platform Netflix, memberikan kita wadah untuk mencari tontonan menarik yang terkait dengan peringatan Hari Ibu di tahun 2020 ini.

SCREENRANT dan Forbes merekomendasikan beberapa film yang bisa ditonton di Netflix dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh 22 Desember mendatang.

Selain perempuan, seluruh anggota keluarga di rumah juga bisa diajak ikut serta menyaksikan film-film menarik di Hari Ibu 2020.

Rekomendasi Film untuk Menemani Hari Ibu 2020


1. OtherHood (2019)

Film Otherhood
Film Otherhood 2019. foto/imdb


Film ini mengisahkan tentang tiga orang ibu yang bersahabat. Mereka masing-masing memiliki anak yang tinggal jauh dari mereka.

Namun, ketiga ibu ini merasa aneh ketika anak-anaknya tidak mengingat tentang Hari Ibu, berada dalam perantauan, dan tidak memberi kabar.

Hal ini menyebabkan ketiga ibu ini menyusul anak-anaknya yang berada di Manhattan. Di sana, ketiga perempuan ini bertemu dengan pemuda-pemudanya dan melihat kenyataan hidup.

Ibu-ibu ini terbawa suasana masa muda hingga akhirnya ikut berpesta di sana.

Melalui catatan IMDb, film yang dibintangi oleh Angela Basset, Patricia Arquette, dan Felicity Huffman ini memperoleh skor 6,1 dari 10 poin.

2. Dumplin (2018)

Film ini menampilkan sebuah cerita masa depan yang indah, mengenai pelajaran dari manusia satu sama lain melalui sebuah kontes kecantikan.

Melalui drama ini, hubungan ibu dan anak merupakan kehormatan. Tentunya, sebagai ibu yang menjalankan kontes tetap memberikan anaknya ikut serta dan menjadi dirinya sendiri.

Disutradarai oleh Anne Fletcher, film Dumplin mendapat nilai 6,6 dari 10 poin di IMDb.

3. The First Wives Club (1996)

Film ini mengisahkan tiga orang janda yang ingin membalas dendam kepada mantan suaminya. Mereka merasa kesal karena ditinggalkan lelaki yang lebih memilih perempuan muda.

Dengan dibalut genre komedi, The First Wives Club ingin menunjukkan keistimewaan janda-janda sebagai wujud feminisme dalam film di tahun 90-an.

Berkat kelucuan yang dibawakan, film ini mendapatkan rating 6,4 dari 10 poin di IMDb.

4. Room (2015)

Film ini bercerita tentang kehidupan seorang ibu yang tinggal ditawan bersama anaknya di sebuah gubuk.

Sedari kecil, anaknya hanya mengetahui dunia gubuk dan didoktrin tentang dunia luar yang hanya imajinasi.

Ibunya yang mengetahui segala hal ingin anaknya tahu bahwa di luar ada sesuatu yang bisa dijumpai. Akhirnya, sang ibu melakukan percobaan-percobaan untuk dapat keluar dari gubuk tersebut.

Cerita yang menarik ini tercatat di IMDb telah berhasil memperoleh skor 8,1 dari 10 poin.

5. All About My Mother (1999)

All About My Mother
Poster Film All About My Mother. wikimedia commons/fair use


Film ini berfokus pada sudut pandang seorang ibu yang ditinggal mati anaknya.

Dengan berbagai sudut pandang, cerita dalam All About My Mother berhasil mengungkapkan kasus AIDS, homoseksualitas, iman, serta eksistensialisme.

Berkat cerita karya Pedro Almodovar yang juga merangkap sebagai sutradara, film ini diberikan nilai 7,8 dari 10 poin di IMDb.


Baca juga artikel terkait FILM HARI IBU atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Film)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Dhita Koesno
DarkLight