Harga Paket 5G Telkomsel, Titik Jangkauan di Jakarta & Kota Lainnya

Oleh: Ibnu Azis - 28 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
5G Telkomsel pada fase awal digeber di 26 klaster di sembilan kota besar. Perangkat 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz mendukung 5G Telkomsel.
tirto.id - 5G Telkomsel baru saja diluncurkan untuk komersial yang dapat dinikmati di sejumlah kawasan Jakarta dan sekitarnya serta beberapa kota lainnya.

Fase awal 5G Telkomsel saat ini digelar di 26 klaster di sembilan kota besar. Untuk Jakarta, baru tersedia secara terbatas di Jakarta Utara dan Jakarta Selatan.

“Untuk fase awal ini, kami menggelar 5G di 26 klaster di sembilan kota besar, terutama area keramaian dan pemukiman,” kata Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho pada Kamis (28/5/2021) seperti dikutip dari Antara.

Adapun titik yang mendapatkan sinyal 5G di Jakarta Utara ialah Gading Pandawa dan Gading Harmony di wilayah Kelapa Gading. Lalu, Bukit Golf Mediterania, Komplek Johar, dan Golf Coast di Pantai Indah Kapuk.

Di Jakarta Selatan, wilayah Pondok Indah dan Widya Chandra sudah mendapatkan jaringan 5G. Rinciannya, yaitu Pondok Indah Town House, Perumahan Pondok Indah, Komplek Widya Chandra, dan Perumahan Dinas Menteri Widya Chandra.

5G Telkomsel juga tersedia di Tangerang Selatan, yakni di Alam Sutera dan BSD. Titik yang mendapatkan jaringan telekomunikasi terbaru ini berada di Kunciran Mas, Griya Sutera, Sutera Lavender, Boulevard BSD, Puspita Loka Cluster, dan Provence Parkland.

Telkomsel juga menyediakan 5G di Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, Medan, Batam, Makassar, dan Balikpapan.

Untuk mendapatkan layanan 5G dari Telkomsel, pengguna harus menggunakan ponsel yang mendukung jaringan 5G di spektrum frekuensi 2,3GHz dan berada di lokasi-lokasi tersebut.

Untuk saat ini, pengguna bisa menggunakan kartu uSIM atau kartu SIM 4G agar bisa terkoneksi ke 5G.

Perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya yaitu OPPO Reno 5, Huawei Mate 40, Vivo X60, dan Vivo X60 Pro.

Telkomsel menjanjikan kecepatan internet hingga 700MBps dengan jaringan 5G, dengan harga paket sebesar Rp260.000 dengan kuat sebesar 126GB.

Paket tersebut merupakan add-on atau tambahan untuk pelanggan yang diundang Telkomsel untuk menggunakan 5G. Selama masa promosi hingga Juli nanti, paket 5G Telkomsel dijual hanya seharga Rp26.000.

Dikutip dari situs resminya, Telkomsel juga menghadirkan layanan Internet Rumah Orbit 5G melalui perangkat Orbit Ultra dengan harga promo Rp6,299 juta, yang sudah dilengkapi ekstra kuota data 200GB untuk 30 hari dan bonus akses layanan Disney+ Hotstar selama 12 bulan.

Bagi pelanggan Telkomsel yang ingin menikmati layanan 5G Telkomsel diimbau terlebih dahulu memastikan beberapa hal berikut:

1. Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)

2. Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G

3. Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut

4. Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G

Telkomsel saat ini secara bertahap telah mengaktifkan fitur 5G nomor ponsel sejumlah pelanggan. Pelanggan juga dapat mengunjungi www.telkomsel.com/5G untuk mengisi form registrasi aktivasi fitur 5G untuk nomor ponselnya.


Baca juga artikel terkait 5G TELKOMSEL atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight