Harga All New Nmax Connected-ABS Resmi dan Cara Aktifkan Y-Connect

Oleh: Addi M Idhom - 4 Februari 2020
Dibaca Normal 3 menit
Acara pengumuman Yamaha soal harga All New Nmax 155 Connected-ABS dan peluncuran aplikasi Y-Connect di Indonesia dihadiri oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales.
tirto.id - Yamaha mengumumkan harga All New Nmax 155 Connected-ABS resmi di Indonesia pada hari ini. Pada saat yang sama, Yamaha juga meluncurkan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) yang bisa diaktifkan yang bisa terkoneksi dengan motor All New Nmax 155 Connected-ABS.

Pengumuman harga resmi All New Nmax 155 Connected-ABS dan peluncuran aplikasi Y-Connect itu dilakukan Yamaha dalam acara temu penggemar yang dihadiri dua pebalap tim Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, di Tangerang pada Selasa (4/2/2020).

"All New Nmax 155 Connected-ABS adalah sepeda motor produksi Indonesia pertama yang terkoneksi dengan smartphone yang dapat menghubungkan konsumen dengan sepeda motornya," kata Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dalam acara tersebut, seperti dilansir Antara.

Sesuai dengan pengumuman Yamaha, harga resmi All New Nmax 155 Connected-ABS ialah senilai Rp33.750.000 (Rp33,75 juta) untuk kategori on the road Jakarta.

Pengumuman ini melengkapi daftar harga All New NMax 2020. Sebelumnya, Yamaha Indonesia telah merilis harga resmi All New Nmax versi standar, atau non-ABS, pada Januari 2020.

Yamaha Indonesia mengumumkan harga jual All New NMax 2020 senilai Rp29,5 juta untuk tipe standar. Harga NMax terbaru ini berselisih Rp1,3 juta dari tipe sebelumnya.

All New Nmax 155 Connected/ABS tersedia dalam warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White. Sedangkan All New Nmax 155 Standard meluncur dengan warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White, Matte Red.

Terdapat perbedaan pada jenis standar dan Connected/ABS. Pada varian Connected/ABS, tersedia fitur Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless).

All New Nmax 155 Connected-ABS juga sudah dilengkapi sistem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel. Motor ini dibekali pula dengan Electric Power Socket untuk mengisi daya gawai.

Dalam hal dapur pacu, Nmax hadir dengan mesin baru 155cc berteknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA), yang dilengkapi Stop & Start System (SSS) serta Smart Motor Generator (SMG). Fitur ini diklaim membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Nmax tipe terbaru itu juga memiliki air cleaner box dengan desain lebih besar, new cylinder head dengan katup intake besar. Desain ruang bakarnya pun compact dan memakai piston YZF-R15.

All New NMAX 155 tipe Connected dilengkapi pula dengan Traction Control System (TCS). Tampilan speedometer digital kian ramai dengan indikator aplikasi Y-Connect, pesan dan telepon, TCS, VVA serta indikator temperatur mesin.

Ada pula LED Head dan Tail Light yang mewarisi desain MAX Series, serta Handlebar Switch Control yang memudahkan pengendara memilih tampilan informasi dan pengaturan speedometer dengan tombol pengatur di handle sebelah kiri.

Kegunaan dan Cara Aktifkan Aplikasi Y-Connect

Aplikasi Y-Connect pada teknologi perangkat Comunication Control Unit (CCU) All New Nmax 155 Connected-ABS menjadi hal baru dalam industri otomotif roda dua di Indonesia. Aplikasi Y-Connect merupakan inovasi Yamaha yang membuat pengendara bisa terkoneksi dengan All New Nmax 155.

Minoru Morimoto mengklaim aplikasi Y-Connect menjadi produk unggulan terbaru Yamaha untuk konsumen di Indonesia.

"Jadi kami ingin menyampaikan sebuah tren baru teknologi sepeda motor yang telah dimulai dari Indonesia," kata Minoru Morimoto.

Saat ini, aplikasi Y-Connect sudah dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. Yamaha juga memberikan Quick Start Y-Connect, atau panduan menghubungkan smartphone dengan perangkat CCU kepada pembeli All New Nmax Connected/ABS.

Ada sejumlah langkah untuk mengkoneksikan aplikasi Y-Connect di smartphone dengan perangkat CCU di All New Nmax 155 tipe Connected-ABS. Berikut ini detail langkah-langkahnya:

1. Download dan login aplikasi Y-Connect.
2. Scan QR Code pada Quick Start Y-Connect dan download aplikasi Y-Connect.
3. Install aplikasi Y-Connect di smartphone.
4. Buka aplikasi Y-Connect dan login dengan menggunakan alamat email.
5. Koneksikan smartphone dengan perangkat CCU di unit motor vis bluetooth.
6. Terdapat tiga cara yang bisa dipilih pada tahap ini yaitu:
-Scan QR Code pada perangkat CCU di unit motor dan lakukan koneksinya
-Scan barcode nomor rangka unit motor dan lakukan koneksinya
-Masukkan nomor rangka unit motor secara manual dan lakukan koneksinya.
7. Hidupkan unit motor dengan memutar main switch (knob) ke posisi “ON”, lalu perangkat CCU akan mulai mencari koneksi dengan Smartphone-ID anda.
8. Smartphone-ID akan terkoneksikan di perangkat CCU dan keduanya akan saling terhubung.
9. Jika sudah muncul indikator Y-Connect dan baterai smartphone di tampilan layar Multifunction-Meter di motor, berarti aplikasi ini sudah terkoneksi dengan CCU.

Mengoneksikan aplikasi Y-Connect dengan perangkat Comunication Control Unit (CCU) di All New Nmax 155 Connected-ABS memiliki sejumlah kegunaan. Setidaknya tedapat lima kegunaan utama teknologi ini.

Pertama, aplikasi Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor berdasarkan lokasi terakhir saat motor unpair/disconnected dengan smartphone. Jadi, pemilik tidak perlu repot mencari keberadaan motornya saat diparkir di tempat ramai, seperti mal.

Kedua, layar pada speedometer akan memberikan pemberitahuan jika ada panggilan atau pesan masuk ke ponsel pengguna. Dengan begitu, pengendara bisa menepikan motornya saat di berada di jalan, sebelum menjawab telepon.

Ketiga, aplikasi Y-Connect dapat menampilkan kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk segera melakukan perawatan rutin.

Keempat, pengguna juga bisa memantau konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh melalui aplikasi Y-Connect.

Kelima, apabila terjadi masalah pada motor All New Nmax 155 Connected-ABS, aplikasi Y-Connect dapat memberi peringatan sehingga problem ini bisa diselesaikan lebih awal.

Keenam, aplikasi ini bisa menampilkan data sudut bukaan throttle perputaran mesin, akselerasi, hingga saran berkendara yang ekonomis.


Baca juga artikel terkait YAMAHA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Otomotif)

Sumber: Antara
Penulis: Addi M Idhom

DarkLight